Aktivitas Serikat Yesus

BERBAGAI PELATIHAN MEDIA DI SAV PUSKAT

Film-film pendek yang mereka hasilkan mengangat tema-tema tentang lingkungan hidup, masalah-masalah psikologi, dan fenomena post truth. Pada akhir pelatihan mereka mendapatkan sertifikat dan kredit 2 SKS yang diakui oleh STF Driyarkara dan Fakultas Teologi, Universitas Sanata Dharma

Read More »

ATMI MENGANTARKAN ORANG KE DUNIA KERJA

elaslah bahwa bekerja adalah cara tiap manusia untuk mendapat penghidupan yang layak. Lebih jauh lagi akan menjadikan seseorang menjadi pribadi menjadi utuh. Sebab di sana ia dapat mengembangkan talenta dan intelektualnya, kemampuan kreatif, karakter, dan fisiknya.

Read More »

NOVIS SERIKAT JESUS 2019

11 orang muda bergabung dengan Serikat Jesus pada 22 Juni 2019. Empat dari mereka hasil dari Promosi Panggilan Serikat Jesus, 1 dari Seminari Makasar, 1 dari Seminari Jakarta dan sisanya dari Seminari Mertoyudan. Mari kita berdoa untuk proses formasi mereka di Novisiat St. Stanislaus, Girisonta.

Read More »

MERAYAKAN HARI KOMSOS

“Kita Adalah Sesama Anggota: Dari Komunitas Jaringan Sosial Menuju Komunitas Insani” disampaikan melalui homili dalam tujuh kali misa oleh Rm. JB. Mardikartono SJ, Rm. J. Sigit Prasadja SJ, dan Rm. Y.I. Iswarahadi SJ. Kesempatan ini juga dipakai untuk promosi karya media komunikasi SAV Puskat yang disampaikan lewat brosur dan pemutaran film kegiatan SAV Puskat sepuluh menit menjelang misa.

Read More »

BERBAGI ITU TIDAK RUGI

Pada 26 April s.d. 2 Mei 2019 lalu, Politeknik ATMI Surakarta menjadi tempat rujukan bagi 17 Sekolah Madrasah Aliyah Kejuruan maupun Madrasah Aliyah plus keterampilan se-Indonesia untuk melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan madrasah vokasi/keterampilan.

Read More »

TIMBANG TERIMA PAROKI DANAN

Secara resmi, serah terima Paroki Danan dari Serikat Jesus kepada Imam Diosesan akan dilangsungkan pada 14 Juli 2019, berkenaan dengan kegiatan 60 tahun Paroki Danan. Bapak Uskup Robertus akan hadir dalam acara ini.

Read More »

Kaul Pertama SJ 2019: Berjalan Bersama-Mu

Tema yang mereka ambil untuk perayaan Kaul Pertama mereka adalah “Berjalan Bersama-Mu”. Fr Septian mengatakan dalam sambutannya bahwa “berjalan bersama-Mu” ingin mengungkapkan diri manusia yang rapuh, lemah, dan tidak bisa berjalan sendirian. Mereka sadar bahwa Allah selalu menuntun dan membimbing hidup hidup mereka semenjak kecil.

Read More »

KINI SAATNYA VOKASI!

Pada tanggal 7 Mei 2019, Bapak Yanuar Nugroho, Deputi Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Budaya, dan Ekologi Strategis atas undangan Romo Agus Sriyono, SJ berkunjung dan memberikan sharing mengenai bagaimana posisi pendidikan vokasi di Indonesia dan apa arah kebijakan Presiden Jokowi terhadap pendidikan vokasi 5 tahun mendatang.

Read More »

Café Puna Launching Tiga Buku

Kamis, 9 Mei 2019, kami para Pater, Frater, dan Bruder Unit Pulo Nangka baru saja menyelenggarakan event semesteran Café Puna yang sangat spesial. Café Puna kali ini didedikasikan untuk launching 3 buku (trilogi) hasil dari bunga rampai makalah-makalah Café Puna tentang Pembedaan Roh dan Doa Examen karya para skolastik Unit Pulo Nangka (Kolese Hermanum) sejak tahun 2011 s.d. 2018. Trilogi ini diterbitkan oleh OBOR.

Read More »

Menabur Benih PANGGILAN di Dunia Digital

Hari Panggilan Sedunia tahun ini jatuh pada hari Minggu, 12 Mei 2019. Tim Promosi Panggilan Serikat Yesus yang didukung oleh para Nostri ikut memeriahkan acara yang diselenggarakan sejumlah Komisi Panggilan Paroki bersama dengan Ordo atau Kongregasi lain, baik di KAJ maupun KAS. Dalam acara yang bertajuk “Aksi Panggilan” ini, kami diminta untuk membuka stand, mengikuti live in, mengisi sharing panggilan ketika homili, bertugas koor, dan bertegur sapa dengan umat seusai bubaran misa.

Read More »

HUBBUL WATHON MINAL IMAN

Acara ngopi bareng ini merupakan bagian dari rangkaian acara buka puasa bersama Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid di Kecamatan Jatisampurna. Sebuah acara yang memang sudah dilakoni oleh Ibu Shinta dan tim semenjak sekitar 20 tahun lalu. Gagasan untuk mengadakan di Jatisampurna muncul dari salah satu umat stasi Kranggan, Paroki Kampung Sawah, yang punya relasi dengan tim sahur (dan buka puasa) bersama ini.

Read More »

Berbuka Puasa dan Semangat Kekeluargaan

Secara khusus, melalui acara ini, PSP ingin menindaklanjuti pesan Pater Jenderal dalam Preferensi Apostolik Universal, terutama tentang keberpihakan terhadap kaum yang lemah dan tersingkir. Acara berbuka bersama menjadi sarana bagi kami untuk membantu warga dampingan pada bulan Ramadhan yang istimewa bagi mereka, apalagi momen berbuka puasa sangatlah berharga bagi umat Muslim.

Read More »

Sahur Bersama Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid

Umat Katolik Keuskupan Agung Semarang berbahagia bisa ikut serta mendukung ibadah puasa Umat Muslim di Bulan Ramadhan. Kebahagiaan ini ditunjukkan melalui kesediaan menjadi tuan rumah Sahur Bersama Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Acara ini diselenggarakan di Gereja St. Yusup, Gedangan, Semarang pada 18 Mei 2019 dinihari hingga subuh.

Read More »

PESAN PERSAUDARAAN VATIKAN DI BULAN RAMADHAN

Umat Islam dan Kristiani diundang untuk tetap berakar di dalam nilai-nilai perdamaian. Umat kedua agama juga dihimbau untuk mempertahankan nilai-nilai kesepahaman, persaudaraan insani, dan keharmonisan hidup bersama. Beliau juga berharap agar umat Islam dan Kristiani membangun kembali kebijaksanaan, keadilan, dan cinta kasih.

Read More »
Tahbisan Diakon Serikat Jesus Provindo 2019

Witness of Love

The Archbishop concluded his homily by asking to pray to the Lord that through the ordination, He gives them Holy Spirit for the deacons enabling them to become a witness of love. The ordination is the sign of absolute obedience to Christ. The Archbishop wants the deacon to remember the obedience of Christ as a servant and living example of his witness of love.

Read More »
jcap yout meeting in macau

Renewing the Energized Youth

All the excitement of Magis JCAP Meeting Ministry 2019 at Macau had just ended. But, the spirit and energy are still growing inside me. I am feeling nothing else but grateful and thankful to be part of the team, and for all of the experiences that I had from the meeting.

Read More »

Homili Mgr. Robertus Rubiyatmoko dalam Tahbisan Diakon Serikat Yesus Rabu, 8 Mei 2019

Salah satu hal yang penting ketika orang ditahbisakan menjadi Diakon atau menjadi Imam adalah soal ketaatan. Dalam bacaan Injil dikatakan oleh Yesus, ketika kamu masih muda, kamu bisa mengatur diri sendiri, pergi kemana pun kamu mau. Namun ketika sudah menjadi dewasa atau sudah ditahbiskan maka kita tidak bisa berbuat semaunya kita. Sebaliknya kita akan ditali, diikat dan ditarik kemana Tuhan mengundang. Akhirnya Tahbisan menjadi tanda Ketaatan kita yang paling total kepada Kristus.

Read More »