Serikat Jesus Provinsi Indonesia

Kisah dan Refleksi Karya
dalam Semangat IGNATIAN

Solidaritas Purbayan, Solo

Di Surakarta, Gereja Paroki St. Antonius Purbayan Solo juga membagikan sembako gratis kepada para pekerja di sekitar Gereja paroki yang membutuhkan bantuan dan berbagai kegiatan

Read More »

Kobar Berbagi

Sebagai wujud solidaritas, Gereja St. Antonius Padua Kotabaru meluncurkan Gerakan Kobar Peduli. Sampai dengan 4 April, gerakan ini telah membagikan nasi bungkus, paket sembako, APD

Read More »

BERSIAP SEDARI DINI

Sabtu, 14 Maret 2020 Walikota Surakarta, Bapak FX. Hadi Rudyatmo, menetapkan KLB (Kejadian Luar Biasa) sehubungan ditemukannya pasien positif COVID-19 di wilayah Surakarta. Sejak saat

Read More »

PERTOBATAN SEJATI MEMERDEKAKANKU

Mengapa kita perlu bertobat? Apa untungnya pertobatan bagi kita? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kita perlu mengacu pada Asas dan Dasar St. Ignatius. Beliau merumuskan secara jelas bahwa manusia itu diciptakan untuk memuji, menghormati, dan mengabdi Tuhan dan itulah yang menyelamatkannya. Maka dengan pertobatan kita diajak untuk kembali pada asas dan dasar kita diciptakan. Jadi, kita semua memiliki hakekat yang sama untuk bertobat dan kembali kepada Allah.

Read More »

Mewartakan Spiritualitas Ignatian kepada Orangtua Murid

gnatian Formation for Parents (IFFP) IFFP adalah kegiatan pendalaman Spiritualitas Ignatian untuk orangtua siswa SMA Kolese De Britto. Tujuannya sederhana supaya orangtua memahami Spiritualitas Ignatian yang menjadi fondasi pendidikan di SMA De Britto sehingga orangtua dan sekolah memiliki visi yang sama dalam mendampingi siswa.

Read More »

KEGIATAN SAV PUSKAT Selama BULAN MARET 2020

SAV Puskat kini memiliki program baru dalam kanal Youtube yang bernama MoTV. MoTV adalah akun TV Motivasi di bawah asuhan SAV Puskat. Hingga akhir Februari ini MoTV telah menyelesaikan 5 episode. Host dalam siaran ini adalah Moti atau Romo Murti.

Read More »

PANGGILAN KEPADA PERTOBATAN

Tahun ini pada 25 Januari 2020 merupakan hari yang menggembirakan karena astrologi cina menyatakannya sebagai perayaan Tahun Baru Imlek 2571. Kegembiraan ini juga dirasakan umat Paroki SS. Petrus dan Paulus, Mangga Besar. Mereka mengadakan perayaan Ekaristi dalam ujud syukur Imlek dengan penuh kegembiraan dan keceriaan.

Read More »

IMLEK: ALLAH HADIR MEMIMPIN DAN MERAWAT MANUSIA

Pada 29 Januari 2020 yang lalu, Paroki Purbayan mengadakan misa syukur dengan intensi IMLEK dengan sangat meriah. Berbagai kegiatan sebelum dan sesudah misa diadakan untuk umat, seperti menyanyikan lagu-lagu syukur imlek, atraksi barongsai dan liong, serta pembagian jeruk dan angpao.

Read More »

MEMAHAMI DAN MENGALAMI

Pada 9-14 Januari 2020 para skolastik tingkat satu Kolese Hermanum Jakarta mengikuti kursus Analisis Sosial (ansos). Kegiatan ini didampingi oleh Rm. Angga Indraswara, SJ dan dua mahasiswi dari Universitas Sanata Dharma (USD).

Read More »

KEMURAHAN HATI YANG MENGUATKAN

Pada 26-28 Desember 2019 lalu diselenggarakan pertemuan para yesuit imam dan bruder muda di Rumah Retret Hening Griya Batu Raden. Pertemuan ini dihadiri 53 yesuit muda, bersama dengan Rama Edi Mulyono sebagai delegatus Imam Muda dan Rama Provinsial.

Read More »

MENEMUKAN ARTI BERTANGGUNG JAWAB

Kegiatan leadership ini rutin diadakan setiap tahun dan dari tahun ke terus mengalami penyempurnaan, apalagi di zaman yang ditandai dengan banyaknya anak muda yang “mabuk” dengan dunia gawai, media sosial, internet, dan sejenisnya. Wabah “globalisasi teknologi” itu tidak bisa dihindari.

Read More »

GEREJA MILENIAL MEWUJUDKAN NILAI IGNATIAN

Kita hidup dalam ketidaksetaraan yang meningkat. Hal ini diperburuk dengan perubahan besar-besaran dalam dunia kerja. Dunia maya menjadi panggung pertemuan sebagaimana daratan, lautan, dan udara di masa lalu. Dalam industri masa kini, kita bisa mengirim barang yang berat sekali pada waktu yang sama. Kapital menjadi ringan, cepat, dan mudah berpindah. Pihak-pihak yang memperoleh keuntungan dari revolusi industri 4.0 adalah para inovator, investor, dan pemegang saham.

Read More »

MENJADIKAN PAROKI JESUIT… JESUIT!

Menjadikan paroki Jesuit itu memiliki cita rasa Jesuit tentu saja tidak mudah dan harus diusahakan. Untuk itu, dibutuhkanlah pintu masuk, yaitu UAP yang diberikan oleh Pater Jenderal beberapa saat lalu.

Read More »