Serikat Jesus Provinsi Indonesia

Kisah dan Refleksi Karya
dalam Semangat IGNATIAN

KARYA ALLAH ITU NYATA

Mengenang 20 tahun kemartiran Rm. Dewanto dan Rm. Albrecht tentu saja mengingatkan kita akan keberanian mereka berhadapan dengan para milisi. Kedua orang ini mempertaruhkan nyawa agar bisa melindungi dan melayani umat di Timor Leste. Dengan mengenang mereka kita ingin merefleksikan bahwa karya Allah itu ada dan nyata. Melihat kisah mereka, kita percaya bahwa manusia itu bisa keji dan keluar dari jalan Allah.

Read More »

Allah yang Melindungi dan Memberi Kekuatan

Situasi saat itu, setelah referendum, memang tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Referendum terjadi pada 30 Agustus 1999. Namun sebelumnya, pada Januari 1999, ketika pemerintah Indonesia memberi keputusan memperbolehkan adanya referendum, Indonesia menawarkan otonomi khusus kepada Timor Timur, otonomi yang lebih luas daripada provinsi lainnya dan menawarkan banyak kekhususan. Walaupun demikian, hasil referendum berbeda dan rakyat Timor Timor tidak ingin tetap berada bersama Indonesia.

Read More »

Mengenang Rm. Dewanto, SJ dan Rm. Albrecht, SJ

Dengan mereka ini, Rm Tarcisius Dewanto, S.J. dan Rm Karl Albrecht Karim Arbie, S.J., saya memiliki kenangan yang sangat mendalam. Bulan September 1999–2019, itu berarti dua puluh tahun yang lalu. Namun bagi saya, kenangan itu selalu hadir hingga kini.

Read More »
br norbert bersama anak-anak papua

PAPUA di dalam HATI Br. Norbert

Papua. Awalnya tidak terbayang tentang Papua. Dan, sebagai seorang bruder Serikat Jesus, saya tidak ingin mengidolakan sesuatu, termasuk tempat perutusan. Semuanya mengalir saja dan saya

Read More »
ngobrol perdamaian di bongsari

NGOPI (Ngobrol Perdamaian Indonesia)

Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan rahmat yang pantas disyukuri dan dijaga terus-menerus oleh seluruh komponen bangsa dan Negara Indonesia.Untuk itu, Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Kevikepan

Read More »

Bina Keluarga STF Driyarkara

Pada 14-16 Agustus 2019 yang lalu, 10 skolastik filosofan SJ tingkat 1 bersama teman—teman mahasiswa/i baru lainnya (total 62 mahasiswa/i) telah menjalankan acara Bina Keluarga

Read More »

BERBAGAI PELATIHAN MEDIA DI SAV PUSKAT

Film-film pendek yang mereka hasilkan mengangat tema-tema tentang lingkungan hidup, masalah-masalah psikologi, dan fenomena post truth. Pada akhir pelatihan mereka mendapatkan sertifikat dan kredit 2 SKS yang diakui oleh STF Driyarkara dan Fakultas Teologi, Universitas Sanata Dharma

Read More »

ATMI MENGANTARKAN ORANG KE DUNIA KERJA

elaslah bahwa bekerja adalah cara tiap manusia untuk mendapat penghidupan yang layak. Lebih jauh lagi akan menjadikan seseorang menjadi pribadi menjadi utuh. Sebab di sana ia dapat mengembangkan talenta dan intelektualnya, kemampuan kreatif, karakter, dan fisiknya.

Read More »

NOVIS SERIKAT JESUS 2019

11 orang muda bergabung dengan Serikat Jesus pada 22 Juni 2019. Empat dari mereka hasil dari Promosi Panggilan Serikat Jesus, 1 dari Seminari Makasar, 1 dari Seminari Jakarta dan sisanya dari Seminari Mertoyudan. Mari kita berdoa untuk proses formasi mereka di Novisiat St. Stanislaus, Girisonta.

Read More »

MERAYAKAN HARI KOMSOS

“Kita Adalah Sesama Anggota: Dari Komunitas Jaringan Sosial Menuju Komunitas Insani” disampaikan melalui homili dalam tujuh kali misa oleh Rm. JB. Mardikartono SJ, Rm. J. Sigit Prasadja SJ, dan Rm. Y.I. Iswarahadi SJ. Kesempatan ini juga dipakai untuk promosi karya media komunikasi SAV Puskat yang disampaikan lewat brosur dan pemutaran film kegiatan SAV Puskat sepuluh menit menjelang misa.

Read More »

BERBAGI ITU TIDAK RUGI

Pada 26 April s.d. 2 Mei 2019 lalu, Politeknik ATMI Surakarta menjadi tempat rujukan bagi 17 Sekolah Madrasah Aliyah Kejuruan maupun Madrasah Aliyah plus keterampilan se-Indonesia untuk melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan madrasah vokasi/keterampilan.

Read More »

TIMBANG TERIMA PAROKI DANAN

Secara resmi, serah terima Paroki Danan dari Serikat Jesus kepada Imam Diosesan akan dilangsungkan pada 14 Juli 2019, berkenaan dengan kegiatan 60 tahun Paroki Danan. Bapak Uskup Robertus akan hadir dalam acara ini.

Read More »

Kaul Pertama SJ 2019: Berjalan Bersama-Mu

Tema yang mereka ambil untuk perayaan Kaul Pertama mereka adalah “Berjalan Bersama-Mu”. Fr Septian mengatakan dalam sambutannya bahwa “berjalan bersama-Mu” ingin mengungkapkan diri manusia yang rapuh, lemah, dan tidak bisa berjalan sendirian. Mereka sadar bahwa Allah selalu menuntun dan membimbing hidup hidup mereka semenjak kecil.

Read More »

KINI SAATNYA VOKASI!

Pada tanggal 7 Mei 2019, Bapak Yanuar Nugroho, Deputi Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Budaya, dan Ekologi Strategis atas undangan Romo Agus Sriyono, SJ berkunjung dan memberikan sharing mengenai bagaimana posisi pendidikan vokasi di Indonesia dan apa arah kebijakan Presiden Jokowi terhadap pendidikan vokasi 5 tahun mendatang.

Read More »

Jesuit Insight

https://jesuitinsight.jesuits.id/wp/
khusus Insight Seekers, ada web terbaru dari Jesuit Insight.
cekidot yaa…