Webinar J-Live: Dari Inigo Ke Ignatius

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on print
Share on telegram

Pandemi sudah berlangsung hampir setahun lebih dan tanpa disadari, sudah dua kali ini Serikat Jesus Provinsi Indonesia merayakan Pesta Santo Ignatius Loyola tanpa bertemu secara fisik dalam kelompok besar sesuai dengan kebiasaan yang terjadi sebelum adanya pandemi Covid-19. Perayaan Santo Ignatius Loyola kemudian dilakukan di komunitas masing-masing dalam kelompok kecil, tetapi tentu saja tanpa mengurangi makna yang dapat dicecap dari teladan sang pendiri Serikat.

Perjumpaan di dalam ruang virtual merupakan salah satu cara bertindak di tengah pandemi ini karena perjumpaan secara langsung membawa risiko yang besar bagi kesehatan masing-masing orang. Ada beberapa kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Pesta Santo Ignatius Loyola secara virtual tahun ini. Salah satunya adalah Webinar yang diadakan oleh Majalah Rohani. Majalah Rohani bekerja sama dengan Jesuit Insight mengadakan J-Live dalam format webinar untuk merayakan Hari Raya Peringatan Santo Ignatius Loyola pada tanggal 31 Juli 2021. Selain itu, J-Live ini diadakan juga dalam rangka memperingati 70 tahun Majalah Rohani.

Host acara J-Live Ibu Mg. Sulistyorini , dengan narasumber Pater Setyodarmono, S.J. dan Pater Paul Prabowo S.J., serta
Pater Sindhunata, S.J. yang menutup acara ini.

Tema webinar J-Live kali ini adalah Dari Inigo ke Ignatius, mengenai perubahan, pertobatan dan transformasi yang dialami oleh Santo Ignatius dalam mengikuti Sang Raja Abadi. Ibu Mg. Sulistyorini, Direktur Eksekutif PT Kanisius yang juga seorang pembelajar spiritualitas Ignatian, menjadi pembawa acara pada kesempatan tersebut. Romo Nano SJ dan Romo Paul SJ menjadi pembicara. Romo Sindhu selaku pelindung Majalah Rohani memberikan rangkuman dan menggaris bawahi beberapa poin penting dari apa yang disampaikan oleh narasumber.

Perjumpaan ini dilakukan dari beberapa tempat yang berbeda. Ibu Sulistyorini membawa acara dari kantor PT Kanisius, Romo Nano SJ di Girisonta, Romo Paul SJ di Seminari Mertoyudan, Romo Sindhu di Kolsani dan tim Jesuit Insight juga di Kolsani. Akan tetapi, semuanya bisa berjumpa secara daring-sinkronus. Teknologi menjadi sarana yang sungguh membantu kerasulan dan pelayanan di masa pandemi ini.

Pater Nano, S.J. sedang mengisi webinar.

Webinar berlangsung selama 90 menit, dari pukul 20.00 hingga 21.30 WIB, dengan jumlah penonton mencapai 285 viewers pada saat livestreaming tersebut. Terdapat beberapa pertanyaan yang muncul terhadap apa yang disampaikan oleh masing-masing pembicara. Sayangnya, tidak semua pertanyaan itu dapat dijawab satu per satu karena keterbatasan waktu dan juga karena banyaknya pertanyaan yang ada. Romo Nano SJ dan Romo Paul SJ memilih beberapa pertanyaan serta kemudian menjawabnya dengan sangat baik. Dari semua komentar yang bermunculan, semuanya memberikan kesan positif dan menyatakan rasa syukur mereka karena boleh mengenal spiritualitas Ignatian. Romo Nano sendiri menyebut mereka sebagai “Ignatian Lovers”. Romo Sindhu akhirnya memberi kata penutup pada penghujung sesi webinar ini, merangkum dari beberapa poin penting dari apa yang disampaikan oleh para pembicara. Tentu saja tujuan lain dari diadakannya webinar ini adalah untuk mengenalkan Majalah Rohani ke khalayak yang lebih luas, terlebih karena sudah 70 tahun Majalah Rohani ada dan semakin ingin menegaskan eksistensinya.

Terwujudnya webinar ini tentu saja karena kerjasama dari beberapa pihak, dari pembawa acara, pembicara, frater Kolsani yang menjalani ad-extra di Majalah Rohani, yaitu Fr. Siwi dan Fr. Suroso serta Fr. Tiro yang bertugas di balik layar bersama dengan Jeje dari Komsos Kotabaru, hingga para pemirsa yang menyaksikan webinar dengan segala dukungan yang diberikan. Semoga Majalah Rohani tetap eksis dan mampu bekerja sama dengan banyak pihak untuk semakin mengenalkan spiritualitas, menunjukkan jalan kepada Allah di tengah dunia yang sedang tidak baik-baik saja ini. 

Kontributor : Joseph Marendra Dananjaya, S.J. – Jesuit Insight