capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Seri Video Berjalan Bersama Ignatius Episode 8 : Menemani Orang-orang Muda Membangun Masa Depan yang Berpengharapan

Date

Rekan-rekan muda yang terkasih, Serikat Jesus dan semua orang yang imannya diinspirasi oleh spiritualitas Ignasian membutuhkan bantuan kalian. Serikat Jesus telah menerima panggilan Tuhan untuk menemani kalian, para orang muda, membantu menciptakan masa depan yang penuh harapan. Menemani bukanlah berarti memimpin atau membimbing. Namun lebih bermakna mengidentifikasi melalui perasaan orang lain dan berbagi anugerah yang telah Serikat terima demi mencapai tujuan bersama, yaitu menciptakan masa depan yang penuh harapan. Itulah mengapa Serikat ingin membagikan iman, tantangan, dan spiritualitas bersama orang muda. Serikat memerlukan bantuan kalian untuk menanggapi panggilan Tuhan ini. Serikat membutuhkan kegigihan, kekuatan, dan kemampuan kalian untuk bermimpi besar, serta semangat kalian lewat hal yang paling menyentuh hati kalian. Serikat membutuhkan pandangan-pandangan kalian yang menolak kemapanan dan berani mempertanyakan segala hal yang tampaknya sudah mapan bagi generasi tua. Serikat memerlukan kemampuan kalian yang merasa marah melihat ketidakadilan. Serikat memerlukan kesiapsediaan kalian untuk bersungguh-sungguh menciptakan dunia yang lebih adil, bersahabat, dan ramah bagi semua ciptaan. Serikat memerlukan bantuan kalian dengan segala kegelisahan dan tantangan-tantangan kalian. Serikat membutuhkan iman kalian yang hidup dan penuh sukacita sehingga kita bisa semakin beriman mendalam pada Yesus Kristus serta berdiri teguh di bawah panji-Nya. 

Serikat memahami bahwa untuk menemani kalian secara memadai, Serikat harus berakar pada Kristus Yesus dan memiliki hati yang mau terus belajar tentang realitas hidup yang paling mempengaruhi kalian, kebutuhan dan keraguan terbesar kalian, serta passion yang paling memberi kalian energi. Oleh karena itu, Serikat membutuhkan bantuan kalian supaya dapat melanjutkan komitmennya untuk menciptakan ruang-ruang yang aman bagi tumbuh-kembang jasmani dan rohani, demi solidaritas dan dedikasi. Serikat memerlukan ruang di mana fokus utamanya adalah kepedulian bagi sesama sebagaimana yang telah dilakukan Yesus, yaitu menghapus segala bentuk kekerasan, terutama kepada mereka yang paling rentan. 

Serikat hendak menawarkan sarana berupa Latihan Rohani dan discernment. sebab Serikat yakin bahwa sarana tersebut, ketika berada di tangan orang muda, akan semakin memampukan mereka untuk berkomunikasi dengan Tuhan yang diwahyukan kepada kita melalui Yesus dan untuk mengenali serta memilih segala hal yang membawa kepada kerajaan-Nya. Rekan-rekan muda yang terkasih, Serikat memerlukan bantuan kalian untuk “melihat segala sesuatu secara baru dalam Kristus” sehingga kita bisa secara bersama-sama menciptakan masa depan yang penuh harapan. Apakah kalian siap dan bersedia untuk berjalan bersama Serikat Jesus?

Kami mengajak Anda sekalian untuk berdoa, baik secara pribadi maupun bersama-sama dalam komunitas, menggunakan poin doa pada bagian akhir bab delapan dari buku Berjalan bersama Ignatius yang ditulis oleh Pater Jenderal Arturo Sosa, S.J. (Lihat: Berjalan Bersama Ignatius karangan Arturo Sosa, S.J. terbitan P.T. Kanisius dan Serikat Jesus Provinsi Indonesia, 2021 hlm. 246 – 247).

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *