capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

“Berdamailah Dengan Pembimbing Tesis Kalian!”

Date

Reportase Tahbisan Diakon 2022

“Terimalah Injil Yesus Kristus ini dan berusahalah supaya apa yang Anda bacakan, Anda percayai; yang Anda percayai, Anda ajarkan; yang Anda ajarkan, Anda laksanakan.” Demikianlah amanat integritas dari Bapak Uskup Mgr Robertus Rubiyatmoko kepada keempat frater ketika menerimakan tahbisan Diakon yang diadakan pada tanggal 5 Mei 2022 di Gereja St. Antonius Padua – Kotabaru, Yogyakarta. 

Mereka yang menerima tahbisan Diakon adalah: Fr. Yohanes Harry Kristanto, S.J., Fr Yohanes Deodatus, S.J., Fr. Fransiskus Asisi Wylly Suhendra, S.J. Tahbisan Diakon tahun 2022 terasa istimewa karena bersama ketiga frater Jesuit, ditahbiskan juga satu frater dari Keuskupan Agung Merauke (KAMe) Fr. Stefanus Mahuze, Pr yang selama ini tinggal di Kolese St. Ignatius (Kolsani) sambil menempuh studi teologi di FTW-USD. 

Perayaan Ekaristi tahbisan diakon mengambil tema: “Jadikanlah Kami Pelayan Damai”. Dalam khotbahnya, seperti biasa Mgr. Rubiyatmoko melakukan dialog dengan keempat frater tentang apa makna tema tahbisan yang telah mereka pilih. Bagi keempat frater, tema tersebut dipilih karena kata “damai” ternyata dekat dengan perjalanan panggilan mereka. Damai adalah sesuatu yang senantiasa dirindukan karena damai adalah Kristus. Dalam kesempatan itu, para frater sungguh berharap agar dapat menghadirkan damai, baik damai bagi diri sendiri, keluarga, orang lain dan masyarakat.  

Dokumentasi : KOMSOS Kotabaru

Tidak ada perutusan baru yang diberikan oleh Pater Provinsial kepada para diakon baru. Sebagai pesan penutup Pater Provinsial memberikan perintah kepada mereka untuk menyelesaikan studinya sebagai bentuk konkrit atas tema tahbisan yang mereka pilih “Berdamailah dengan pembimbing tesis kalian! Berdamailah dengan buku-buku teologi!”. Sementara itu, Pastor John Kandam, sebagai perwakilan dari Keuskupan Agung Merauke (KAMe) mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas tambahan satu tenaga lagi bagi keuskupannnya. Menurut Pastor John, KAMe sekarang sedang mempersiapkan tenaga pastoral yang berkualitas untuk berkarya di Papua Selatan. Ia berharap Kolsani selalu terbuka dan tidak bosan bila ada anggota KAMe yang mau belajar disitu. 

Meskipun berlangsung secara terbatas, perayaan Ekaristi Tahbisan Diakon berlangsung secara khidmat dan lancar. Banyak umat dan nostri yang ikut terlibat melalui live streaming yang disiarkan secara langsung via kanal Youtube Jesuit Indonesia dan Komsos Gereja Kotabaru. Setelah perayaan Ekaristi, para diakon baru, Bapak Uskup, Pater Provinsial, keluarga dan tamu diundang untuk beramah tamah di Kolsani. 

Tahbisan Diakon sudah selesai dilaksanakan. Kini para diakon kembali ke Kolsani untuk segera menyelesaikan studi teologi mereka. Kita dukung dan doakan mereka agar sungguh menjadi Pelayan Damai dalam persiapan mereka menyambut tahbisan Imamat kelak!

Kontributor : Fr. Andreas Aryono Mantiri, S.J.

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *