capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Seri Video Berjalan Bersama Ignatius Episode 2: Seorang Peziarah Jaman Sekarang

Date

Hidup kita, sebagai anugerah Tuhan, mengungkapkan perjumpaan kita dengan sesama, pengalaman, dan ruang yang tak terhitung jumlahnya. Semua ini membentuk cara hidup kita yang khusus dan cara berada kita di dunia ini. Ada bermacam pengalaman yang membawa kita pada rahmat Allah untuk menemukan karunia dan talenta dalam melayani sesama. Kita bertemu dengan orang-orang yang cara hidupnya mampu menggerakkan kita untuk percaya kepada Tuhan, menggerakkan rasa solidaritas dan kedalaman, rasa syukur, dan sukacita. 

Ada tempat-tempat yang mendorong kita untuk melakukan gerakan-gerakan dengan penuh komitmen. Ada pula lainnya yang membuat batin kita merasa sangat tersentuh. Ada juga tempat-tempat yang menimbulkan rasa marah dan itu menggerakkan kita untuk terlibat bersama orang lain dalam usaha rekonsiliasi dan menegakkan keadilan. 

Jika dalam setiap perjumpaan itu kita mampu mengalirkan kasih Allah melalui keberadaan dan kesiapsediaan kita bagi sesama, maka kita dapat merangkai cerita kita secara bersama-sama. Orang, pengalaman, dan tempat seperti apakah yang telah membantu kita menemukan panggilan istimewa Tuhan dalam hidup kita? 

Orang seperti apakah, yang dengan kesaksian dan kedekatan mereka, telah menolong kita memunculkan hal terbaik dalam diri kita untuk melayani sesama? 

Apakah kita memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan bersama orang lain sebuah kehidupan yang penuh pengharapan, sukacita, persaudaraan, iman, dan keadilan? 

Saya ingin mengajak Saudara sekalian untuk berdoa, baik secara pribadi maupun bersama dalam komunitas, dengan poin doa yang diambil dari bagian terakhir bab kedua dari buku Berjalan bersama Ignatius yang saya tulis. (Lihat: Berjalan Bersama Ignatius karangan Arturo Sosa, SJ terbitan PT. Kanisius dan Serikat Jesus Provinsi Indonesia, 2021 hlm. 93)  

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *