capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Peluncuran Lomba Film Pendek Jesuit “Empat Mimpi”

Date

Perlombaan ini terbuka bagi para siswa dan mahasiswa kolese dan universitas Jesuit di seluruh dunia. 

Tahun ini adalah peringatan tahun Ignatian yang sangat penting. Lima ratus tahun lalu Ignatius dari Loyola memulai perjalanan menemukan cara terbaik untuk menggunakan keterampilan dan bakatnya agar hidupnya berdampak bagi dunia. Bagi Ignatius Loyola, semua ini adalah tentang melayani Tuhan dan sesama, apa pun keadaan dan di mana pun mereka berada.

Serikat Jesus selama lima abad terakhir berusaha untuk mengikuti jejak sang peziarah agung dan pribadi yang menyerahkan diri untuk melayani orang lain itu. Para mahasiswa dari seluruh dunia diajak untuk melakukan hal yang sama. Mereka dipanggil untuk menjadi manusia bagi sesamanya. 

Para siswa kolese atau para mahasiswa dari universitas Jesuit diajak untuk bergabung bersama para Jesuit dalam usaha mempromosikan empat tema besar yang kemudian disebut dengan Preferensi Kerasulan Universal (UAPs).  Disebut UAPs karena keempat tema tersebut mencakup dunia secara keseluruhan (universal) dan ajakan untuk hidup secara konstruktif dan apostolis atau berwawasan ke luar. Keempat tema tersebut dipilih karena kemendesakannya untuk membangun dunia yang lebih adil dan damai. 

Keempat tema tersebut adalah sebagai berikut:

  • menunjukkan jalan menuju Allah melalui Latihan Rohani dan discernment (penegasan rohani)
  • berjalan bersama orang miskin, mereka yang terbuang, mereka yang martabatnya dirusak, dalam usaha mewujudkan rekonsiliasi dan menegakkan keadilan; 
  • menemani orang muda menciptakan masa depan yang penuh harapan; dan 
  • bekerja sama merawat rumah kita bersama.

Asosiasi Internasional Universitas Jesuit (IAJU), bekerja sama dengan Kuria Jenderal di Roma, mengadakan “Lomba Film Empat Mimpi Jesuit” yang terbuka untuk seluruh mahasiswa atau kolese Jesuit dari seluruh dunia untuk menerangi dunia dengan segala kreativitas, keterampilan, dan talenta mereka. 

Kami ingin mengetahui, dari kacamata para mahasiswa, siapakah yang telah berkarya nyata bagi dunia dan sesama, siapakah yang telah menjadi pahlawan dan melakukan tindakan-tindakan nyata dalam salah satu dari keempat tema yang diangkat. Dalam lomba ini para mahasiswa diminta membuat film pendek tentang orang atau kelompok yang telah berkontribusi untuk memperbaiki kualitas hidup manusia di planet bumi ini.  

Pendaftaran dibuka mulai 3 November 2021 dan semua karya harus sudah dikumpulkan paling lambat 1 Mei 2022. Film dapat dibuat baik secara individual maupun kelompok.

Satu pemenang akan dipilih  dari setiap tema UAP dan satu pemenang lomba secara keseluruhan. Jadi akan ada lima pemenang yang dipilih. Para pemenang akan menerima hadiah uang -seperti dijelaskan pada syarat dan ketentuan perlombaan,  Universitas atau kolese dari mana para pemenang berasal akan menerima satu set peranti komunikasi untuk program film dan komunikasi mereka. Karya-karya yang menang dalam perlombaan akan dipresentasikan kepada Pater Jenderal Arturo Sosa dan Ketua Asosiasi Universitas Jesuit pada 3 Agustus 2022 dalam pertemuan IAJU di Boston College. 

Jika Anda sebagai anggota tim pendidik di kolese atau universitas Jesuit tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang perlombaan ini bagi para siswa dan mahasiswa Anda, silakan mengunjungi situs web lomba (fourdreamscontest.org) di mana dapat ditemukan informasi dan peraturan yang lebih terperinci. Kontak person Theresa Messmer dapat dihubungi melalui email beca.tmessmer@uloyola.es.

Artikel diterjemahkan dari laman https://www.jesuits.global/2021/10/27/four-dreams-jesuit-film-contest/ oleh Hermanus Wahyaka pada 3 November 2021.

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *