Kaul: Tanda Kerendahan Hati untuk Allah dan Sesama

Date

Pada Minggu, 31 Oktober 2021, bertepatan dengan pesta peringatan St. Alfonsus Rodriguez, Serikat Jesus Provinsi Indonesia merayakan kegembiraan bersama PP Agustinus Sarwanto, S.J., Ignatius Dradjat Soesilo, S.J., dan Br. Yohannes Paulus Sunari, S.J. karena mereka bergabung secara penuh dalam Serikat Jesus dengan mengucapkan Kaul Akhir. Momen kaul ini dirayakan dalam Perayaan Ekaristi Pelindung para Bruder Seríkat Jesus di Kapel St. Bellarminus, Universitas Sanata Dharma, Mrican, Yogyakarta dan dipimpin langsung oleh Pater Provinsial, P Benedictus Hari Juliawan, S.J. 

Kaul Akhir menandai kesediaan mereka untuk hidup sepenuhnya di dalam Serikat Jesus dan mengusahakan agar semakin sehati sejiwa dengan Serikat Jesus universal. Kerendahan hati yang tersirat dalam kisah hidup St. Alfonsus Rodriguez dan bacaan Perayaan Ekaristi pesta ini menjadi permohonan rahmat utama dalam menghidupi kaul ini. Kaul tidak memberikan harta ataupun kekuasaan melainkan justru meminta pengikat atau gembok yang tidak bisa dibuka sama sekali. Ketiga saudara ini meminta kehendak untuk mengabdi Allah dan sesama dengan segenap jiwa dalam Serikat Jesus. Dengan perantaraan St. Alfonsus Rodriguez, mereka juga memohon rahmat kerendahan hati agar bisa memberikan seluruh hidupnya kepada Allah dan sesama. Kaul-kaul ini menjadi perlengkapan senjata untuk menghadapi berbagai situasi di dunia di tempat kerja masing-masing. Pater Provinsial sendiri memohon kepada kita semua untuk terus mendukung ketiga saudara ini dalam “memeluk cara hidup serikat sehabis-habisnya.”

Akhirnya ungkapan syukur dan terima kasih dari ketiga kaules ini disampaikan oleh P Agustinus Sarwanto, S.J. Mereka dinyatakan dan diterima secara penuh sebagai anggota dalam Serikat Jesus. Tak lupa pula, ucapan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan rangkaian bunga, hiasan, dan makanan serta kepada semua orang yang telah terlibat dan mendukung kelancaran acara ini.

Kontributor : Ignatius Windar Santoso, S.J.

More
articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.