Pertemuan Humas-Humas Karya SJ : Membangun Jejaring dan Kolaborasi

Humas Karya Pelayanan Gereja

Membangun jejaring dan berkolaborasi menjadi dua cara bekerja yang kembali digemakan dalam dokumen Kongregasi Jenderal 36 dan terus untuk diwujudkan di dalam karya kerasulan Serikat Jesus saat ini. Tim Komunikator SJ Provindo berusaha untuk mewujudkan cara kerja jejaring dan kolaborasi ini dengan mengumpulkan para humas, admin media sosial, maupun admin website karya-karya yang dikelola Serikat Jesus. Pertemuan humas karya ini diadakan secara daring tanggal 15 dan 16 Oktober 2020 dan dibagi dalam empat kelompok kecil berdasarkan gugus karya pelayanan masing-masing. Pertemuan ini menjadi tindak lanjut atas pertemuan perdana Humas Karya SJ yang sudah berlangsung bulan September 2020. Pada pertemuan kali ini, para peserta diajak untuk mendalami kembali Universal Apostolic Preferences yang menjadi horizon kerasulan Serikat Jesus selama sepuluh tahun kedepan.

Pertemuan Humas Karya Sesi 1

Pendalaman UAPs kali ini dilakukan dengan metode percakapan rohani tiga putaran. Masing-masing peserta diajak untuk mensyukuri kembali pengalaman bekerja bersama Serikat Jesus baik secara personal maupun sebagai komunitas karya. Para humas karya diajak untuk berefleksi kembali tentang pengalaman panggilan mereka ikut dalam misi Serikat Jesus. Ada banyak pengalaman syukur dan kegembiraan yang dialami dan dibagikan oleh para peserta dalam percakapan ini. Kegembiraan dan rasa syukur itulah yang membuat mereka terus bersemangat dan siap sedia untuk ikut mengembangkan misi UAPs di dalam karya pelayanan mereka masing-masing.

Dalam pertemuan ini, Romo Bambang Sipayung, SJ sebagai Socius Provinsial juga menyampaikan informasi mengenai perencanaan dan implementasi UAPs yang akan dijalankan oleh masing-masing karya. Perencanaan dan implementasi UAPs tersebut akan melibatkan rekan-rekan awam yang bekerja di karya tersebut. Para humas karya memiliki peran sentral dalam proses tersebut, terutama dalam menyampaikan perubahan apa yang sedang terjadi di karya seturut dengan perspektif UAPs. Dengan demikian, publik dan orang banyak ikut mengetahui bahwa karya-karya Serikat Jesus sungguh-sungguh berusaha untuk terus menghidupi UAPs di dalam karya dan pelayanan kita sehari-hari.

Pertemuan humas karya ini juga menjadi salah satu cara yang digunakan tim komunikator untuk melibatkan orang-orang yang bekerja di dalam karya kerasulan Serikat Jesus dalam mengembangkan jejaring dan kolaborasi. Mereka juga diajak untuk mulai ikut merasakan dan memahami gerak perubahan yang sedang terjadi di dalam karya-karya pelayananSerikat Jesus. Harapannya, jejaring dan kolaborasi antar humas karya yang baru dibangun ini bisa semakin memperkuat serta memperlancar arus informasi dan komunikasi diantara karya-karya Serikat Jesus maupun dengan Provinsialat Serikat Jesus.


A. Septian Marhenanto, SJ

Pertemuan Humas Karya Sesi 2

Found something interesting? share to friends....

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *