Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on print
Share on telegram

13 Juni 2021 merupakan hari yang istimewa bagi Gereja Santo Robertus Bellarminus – Cililitan. Dalam kurun waktu lima belas tahun terakhir baru kali ini ada enam belas orang imam yang berkonselebrasi dalam Perayaan Ekaristi di Gereja Santo Robertus Bellarminus – Cililitan. Mereka adalah para imam Ordo Salib Suci, imam Keuskupan Agung Jakarta, imam Salesian, dan imam Serikat Jesus. Imam-imam yang berasal dari Bandung, Cirebon, Cigugur, dan Jakarta, bersama-sama merayakan “Misa Perdana” Romo Thomas Tjatur Herianto, OSC.

Romo Thomas Tjatur Herianto, OSC adalah putra asli Paroki Cililitan. Dia adalah anak keempat dari pasangan Bapak Petrus Tumin dan Ibu Cisilia Surati. Pada 26 Mei 2021 bersama dengan lima Frater Diakon yang lain, Frater Diakon Thomas Tjatur Herianto, OSC menerima tahbisan Imam dari tangan Bapa Uskup Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC di Gereja Katedral St. Petrus – Bandung.

Umat Paroki Cililitan sangat bersyukur karena meskipun tergolong paroki kecil di Keuskupan Agung Jakarta tetapi cukup banyak menyumbangkan para imam bagi pelayanan Gereja. Dalam kurun waktu lima belas tahun terakhir Paroki Cililitan sudah menyumbangkan enam imam yang ditahbiskan hampir setiap lima tahun, yaitu Romo Adi Prasojo, Pr (tahbisan 2005); Romo Putranto, Pr (tahbisan 2006); Romo Agung, SDB (tahbisan 2007); Romo Kristiono Puspo, SJ (tahbisan 2010); Romo Windar Santoso, SJ (tahbisan 2013) dan Romo Tjatur, OSC (tahbisan 2021)

Bagaimana dengan ke depan? Hingga tahun 2021 ini masih ada beberapa calon imam yang sedang dalam masa formasi, yaitu Fr. Wahyu, SJ (Skolastik filosofan tk IV); Fr. Agung, Pr (Frater Dioses Bandung, tk I); Bima (calon novis SX 2021); Deo dan Christian (Seminaris Seminari Wacana Bhakti). Jika Tuhan menghendaki, dalam beberapa tahun ke depan dan di setiap 5 tahun masih akan ada umat Paroki Cililitan yang ditahbiskan menjadi Imam. Namun demikian, kita semua senantiasa memohon rahmat panggilan dan sementara itu juga senantiasa berdoa memohon rahmat sukacita pelayanan bagi para imam.

Kontributor : KOMSOS Paroki Cililitan.