Magis Jakarta Action Day 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on print
Share on telegram

MAGIS Action Day merupakan salah satu program kegiatan formasi  tahunan dari komunitas MAGIS Indonesia. Setiap formasi akan melakukan aksi nyata yang dibagikan ke sesama baik secara spiritualitas, service, maupun companionship. Di tahun 2021 ini, MAGIS Jakarta melakukan aksi berupa sharing dan “ngobrol lebih dalam” berlandaskan spiritualitas St. Ignatius Loyola bersama dengan saudara-saudari dan teman-teman orang muda katolik yang tersebar di seluruh paroki di Indonesia secara virtual.

Panitia dan peserta MAGIS Action Day 2021 dari seluruh paroki di Indonesia

Pada hari Minggu, 09 Mei 2021, MAGIS Indonesia, khususnya MAGIS Jakarta mengadakan kegiatan MAGIS Action Day (MAD) 2021 dengan tema “Into The Depth”.   Dalam  kegiatan ini, komunitas MAGIS memberikan semangat spiritualitas Ignasian kepada saudara-saudari dan teman-teman orang muda katolik secara virtual. Peserta yang mengikuti kegiatan MAD ini kurang lebih 160 orang dengan berbagai latar belakang.Di awal pembukaan, Frater Septian Kurniawan, SJ membuka zoom room dengan menyapa peserta dan mengenalkan komunitas MAGIS Indonesia; sejarah terbentuknya komunitas MAGIS hingga kegiatan yang dilakukan. Rm. Alexander Koko, SJ selaku moderator MAGIS Indonesia membuka pengantar dengan membagikan spirit dan tujuan dari kegiatan MAD 2021.

Dalam rangka menyambut Tahun Ignatian, Romo Koko mengajak kami untuk berproses dan mengolah hidup lebih mendalam dengan spiritualitas Latihan Rohani dan doa Ignasian yang telah dibagikan oleh Santo Ignatius Loyola semasa hidupnya ke semua orang. Kegiatan ini juga sejalan dengan salah satu dari empat Universal Apostolic Preferences (UAP) Serikat Jesus yaitu Berjalan Bersama dengan Kaum Muda.

Pengantar oleh Romo A. Koko, S. J. sebagai Moderator Magis Indonesia

Dalam kegiatan MAD ini, peserta mendapatkan pembekalan berupa Apa itu Doa, Apa itu Doa Ignasian, Apa saja Doa Ignasian, dan sesi tanya jawab. Juga, ada sharing pengalaman dari pendamping, frater maupun anggota dari komunitas MAGIS dalam grup kecil (circle) perihal bagaimana berproses selama melakukan Doa Ignasian. Pada sesi terakhir, Romo Koko menyimpulkan seluruh rangkaian kegiatan MAD ini dengan sebuah kutipan “Hidup ini bagaikan sebuah petualangan dimana ada banyak hal yang tidak terduga selama di perjalanan dan bagaimana menyikapi hal tersebut dengan keheningan dan ketenangan untuk merasakan dan menemukan Tuhan dalam segala.”