Indahnya Toleransi di Kanisius Jimbaran

Date

Selasa, 26 April 2022, pukul 16.30 WIB di TK/SD Kanisius Jimbaran, siswa-siswi  mulai berkumpul untuk mengikuti buka puasa bersama. Kegiatan ini merupakan program rutin TK/SD Kanisius Jimbaran yang dilaksanakan setahun sekali. Buka puasa bersama ini merupakan salah satu aksi nyata sebagai wujud untuk meningkatkan toleransi beragama di sekolah ini. Perwujudan toleransi ini diberikan sebagai bentuk dukungan bagi siswa-siswi TK/SD Kanisius Jimbaran  yang  75% menganut agama Islam di mana pada bulan ini mereka wajib melaksanakan ibadah puasa.

Kegiatan buka puasa bersama ini didukung oleh Komite Sekolah, pemerhati pendidikan di sekitar sekolah, tokoh masyarakat sekitar, bapak ibu guru, serta orangtua siswa. Dalam pelaksanaan buka puasa tahun ini, para guru dan orang tua siswa bekerja sama mempersiapkan tempat, takjil, dan menu buka puasa. Kerjasama di antara para guru dan orang tua siswa dilakukan dengan cara memasak bersama mempersiapkan takjil dan menu buka puasa.

Sebelum buka puasa dimulai, para siswa mendapatkan siraman rohani dari tokoh masyarakat muslim. Sebagai pembicara, kami dibantu oleh Bapak Takur untuk mendampingi siswa-siswi. Di dalam siraman rohani tersebut Bapak Takur menanamkan mutlaknya toleransi antarteman di TK/SD Kanisius Jimbaran serta mengajak para siswa untuk melantunkan doa-doa Islami. Bapak Takur juga menyampaikan makna puasa yang sebenarnya kepada para siswa sehingga mereka dapat lebih mendalami arti puasa. Dalam rangkaian kegiatan buka puasa ini, sekolah juga memberikan santunan kepada beberapa siswa yang yatim piatu.

Kegiatan buka puasa ini mendapatkan apresiasi dari Komite Sekolah dan masyarakat sekitar. Mereka berharap agar ke depan, acara semacam ini dapat terus dilaksanakan sebagai bentuk toleransi dan persaudaraan di TK/SD Kanisius Jimbaran.

Kontributor : Margarita Imma Chrismasari SDK Jimbaran

More
articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.