TIMBANG TERIMA PAROKI DANAN

Secara resmi, serah terima Paroki Danan dari Serikat Jesus kepada Imam Diosesan akan dilangsungkan pada 14 Juli 2019, berkenaan dengan kegiatan 60 tahun Paroki Danan. Bapak Uskup Robertus akan hadir dalam acara ini.
timbang terima paroki danan

Paroki Santo Ignatius Loyola, Danan, Wonogiri, pada Rabu, 19 Juni 2019, telah melakukan timbang terima dari Serikat Jesus kepada Keuskupan Agung Semarang. Acara ini dihadiri oleh Romo Kepala Paroki, Rm. Heru, SJ; Vikaris Paroki, Rm. Suma,SJ ; Rm. Nunung, Pastor Kepala baru Paroki Danan; dua orang wakil dari KAS; dua orang wakil dari Provinsialat SJ; wakil dari Bruderan FIC; wakil dan anggota Dewan Paroki; serta ketua-ketua lingkungan.

Acara ini diawali dengan refleksi karya di Paroki Danan dan dilanjutkan dengan tanggapan dari Rm. Nunung. Rm. Heru telah mempersiapkan refleksi tertulis beserta dengan data karya yang telah dikerjakannya selama menjadi Pastor Kepala Paroki Danan. Dalam refleksinya, Rm. Heru menyampaikan perkembangan iman umat dan perkembangan fasilitas baik di gereja maupun di Sendang Ratu Kenya. Beliau mengatakan, umat Danan yang kebanyakan sepuh-sepuh ini sekarang sudah lebih baik dalam berliturgi saat perayaan Ekaristi.
Selain itu, seluruh aset dan keuangan Paroki Danan juga disampaikan secara terbuka. setelah mencermati laporan keuangan paroki, staf ekonomat KAS mengatakan, “Paroki Danan saat ini dalam kondisi sehat dan juga kaya raya karena paroki ini memiliki 34 sertifikat yang sudah beratas nama PGPM serta paroki ini sama sekali tidak ada beban hutang maupun piutang. Maka, hal-hal teknis di dalam paroki tidak akan menemukan kesulitan untuk Romo Paroki yang baru. Romo Paroki yang baru hanya perlu menemukan cara untuk mendampingi umat lebih baik lagi.” Rm. Nunung juga menanggapi hal ini dengan mengatakan, “Kita di sini menjadi tuan-tuan tanah karena kita memiliki 34 sertifikat yang tersebar di berbagai tempat, yaitu di lingkungan untuk kapel, di Sendang Ratu Kenya, dan juga untuk gereja kita sendiri.”


Secara umum, acara berlangsung dengan santai dan ditutup dengan ramah tamah bersama. Menu yang ditawarkan dalam ramah tamah saat itu merupakan menu andalan daerah Danan, yaitu sayur cabe ijo, ayam goreng kampung, dan lain-lainnya. Dalam acara ini, walaupun ada beberapa umat yang masih sedih harus berpisah dengan Jesuit, ada juga harapan yang membuat para umat yakin bahwa mereka akan mampu melangkah bersama di bawah kepemimpinan Romo-Romo Projo.
Secara resmi, serah terima Paroki Danan dari Serikat Jesus kepada Imam Diosesan akan dilangsungkan pada 14 Juli 2019, berkenaan dengan kegiatan 60 tahun Paroki Danan. Bapak Uskup Robertus akan hadir dalam acara ini.

Windar Santoso, SJ

Found something interesting? share to friends....