Seri Video Berjalan Bersama Ignatius Episode 10 : Pendidikan Jesuit Sumber Kemerdekaan dan Pengharapan

Date

Cinta diungkapkan dan ditunjukkan melalui beragam cara. Salah satunya dengan pendidikan. Mendidik berarti mencintai. Mendidik berarti mencintai dengan rasa hormat terhadap mereka yang berada di hadapan kita, menjunjung martabat mereka, dan memastikan bahwa mereka memiliki alat yang sesuai untuk menemukan segala potensi dalam diri mereka. Setiap kali kita mendidik, kita harus dapat menunjukkan kepercayaan kita terhadap kemampuan setiap orang untuk belajar dan percaya bahwa apa yang mereka terima kelak dapat digunakan untuk mensejahterakan hidup mereka sendiri, keluarga, dan masyarakat. 

Setiap hari, ribuan orang, laki-laki dan perempuan di mana hidup iman mereka terinspirasi semangat Ignasian, awam dan biarawan/biarawati, termasuk para Jesuit, serta banyak orang lain yang memiliki kehendak baik, memperbarui komitmen mereka terhadap pendidikan sebagai cara pemberian hidup dalam realitas yang sangat beragam. Mereka semua memupuk semangat kerja sama demi impian Tuhan bagi kemanusiaan. Semoga kita tidak akan pernah berhenti berterima kasih kepada mereka semua yang telah bekerja sama dengan cara yang berbeda-beda dalam tugas besar mencintai sesama melalui pendidikan.

Melalui pendidikan, Serikat bersama seluruh keluarga Ignasian berkomitmen terhadap kemendalaman spiritual dan intelektual menuju terwujudnya masyarakat yang lebih adil dan manusiawi, dimana persaudaraan, dialog, solidaritas, budaya perjumpaan, keterpaduan ekologi, keadilan sosial dan perdamaian, dan semua nilai seturut injil yang semakin dinyatakan dari hari ke hari dimanapun aktivitas pendidikan yang diilhami semangat Ignasian dilaksanakan. Serikat menghendaki kerja sama dalam bidang formasi manusia yang integral, yang mengembangkan anugerah dan talenta khusus dan menempatkan semua itu secara murah hati sebagai pelayanan bagi sesama, menjadi orang yang sensitif terhadap realitas dan mampu mendiskresikan apa yang paling mendukung bagi terwujudnya kebaikan, baik kebaikan bagi diri sendiri maupun orang lain; pendek kata, menjadi manusia bagi manusia lain dan menjadi saudara bagi sesama. 

Saya mengajak Saudara sekalian untuk bekerja sama dengan Serikat dalam pelayanan pendidikan di seluruh dunia. Saya mengajak Saudara semua untuk fokus terutama pada pendidikan bagi orang-orang yang paling miskin dan paling rapuh, mereka yang sering terbuang dari sistem pendidikan formal. Tantangannya memang sangatlah besar tetapi dengan kemurahan hati, dimungkinkan lebih banyak orang dapat mengakses pendidikan yang berkualitas dan layak mereka dapatkan. Apakah Saudara sekalian berani memberikan talenta dengan penuh komitmen? 

Kami mengajak Saudara sekalian untuk berdoa, baik secara pribadi maupun bersama-sama dalam komunitas, menggunakan poin doa pada bagian akhir bab sepuluh dari buku Berjalan bersama Ignatius yang ditulis oleh Pater Jenderal Arturo Sosa, S.J. (Lihat: Berjalan Bersama Ignatius karangan Arturo Sosa, S.J. terbitan P.T. Kanisius dan Serikat Jesus Provinsi Indonesia, 2021 hlm. 296 – 297).

More
articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.