Ringkasan Eksekutif

Pertama, mayoritas nostri maupun kolaborator menyatakan bahwa saat ini Provindo sudah memiliki sarana-sarana komunikasi yang cukup memadai untuk kebutuhan komunikasinya. Menurut para nostri, tiga sarana komunikasi internal yang perlu terus diupayakan oleh Provindo adalah (1) Buletin Internos Online, (2) Website Resmi Provindo, dan (3) Mailing-list Internos.
media-998990_1280

Laporan Survei Internal Nostri dan Survei Kolaborator SJ Tim Communicator Provinsi Indonesia Serikat Jesus

Hasil dari kedua survei yang diadakan Tim Communicator Provindo pada bulan September dan Oktober 2018  memberikan gambaran yang cukup komprehensif mengenai situasi aktual dari kualitas komunikasi di Provindo. Representasi in terlihat dari responden  baik survei internal di antara nostri dan kolaborator Provindo. Survei internal nostri diisi oleh 177 responden yang terdiri dari 120 Imam, 53 Skolastik, dan 4 Bruder yang tersebar di semua gugus karya di Provindo. Sementara itu, survei kolaborator diisi oleh 177 responden. Meskipun sebagian besar responden adalah umat paroki, tidak sedikit yang merupakan tenaga pengajar ataupun karyawan pada lembaga-lembaga yang dikelola oleh SJ Provindo.

Seluruh data yang masuk diolah dan dianalisis oleh Tim Communicator bersama dengan seorang konsultan komunikasi profesional. Hasil ini memperlihatkan beberapa temuan menarik yang bisa disampaikan kembali. Sajian ini merupakan ringkasan eksekutif berupa pokok-pokok temuan yang kemudian disajikan secara mendetail dalam laporan lengkap.

Pertama, mayoritas nostri maupun kolaborator menyatakan bahwa saat ini Provindo sudah memiliki sarana-sarana komunikasi yang cukup memadai untuk kebutuhan komunikasinya. Menurut para nostri, tiga sarana komunikasi internal yang perlu terus diupayakan oleh Provindo adalah (1) Buletin Internos Online, (2) Website Resmi Provindo, dan (3) Mailing-list Internos. Sementara itu, para nostri dan kolaborator menyatakan bahwa tiga sarana komunikasi eksternal yang diperlukan oleh Provindo adalah (1) Website Resmi Provindo, (2) Buletin Online, (3) E-Newsletter.

Meskipun sarana-sarana sudah dianggap memadai, survei ini menunjukkan masih rendahnya tingkat kepuasan baik nostri maupun kolaborator mengenai situasi komunikasi di Provindo. Ketidakpuasan ini punya korelasi dengan kurang lengkapnya gambaran menyeluruh mengenai situasi kerasulan Provindo saat ini dan ke depan. Tentu saja ini perlu mendapat perhatian serius mengingat informasi yang berkualitas dan memadai mengenai Provindo saat ini dan masa depan menjadi bekal penting anggota Provindo dan kolaborator dalam mengimplementasikan visi dan misi Provindo.

Survei juga memperlihatkan bahwa mutu komunikasi bisa ditingkatkan dengan menyediakan informasi yang berkualitas yang dibutuhkan. Terdapat perbedaan prioritas informasi yang dibutuhkan antara para nostri dan kolaborator yang menarik untuk dipikirkan lebih jauh. Survei memperlihatkan bahwa tiga jenis informasi yang paling diharapkan oleh nostri adalah (1) Informasi terbaru mengenai perpindahan tugas nostri, (2) Agenda Provindo, dan (3) Informasi terbaru mengenai karya-karya Provindo. Sementara itu, tiga jenis informasi yang diharapkan oleh para kolaborator adalah (1) Informasi terbaru mengenai karya-karya Provindo, (2) Refleksi Spiritualitas, dan (3) Kegiatan kolaborasi antar karya-karya Provindo.

Survei ini memberi baseline informasi bagi Tim Communicator  untuk meningkatkan mutu komunikasi internal dan eksternal Provindo. Ketersediaan informasi yang berkualitas mengenai situasi Provindo termutakhir dan arah ke depan diharapkan mampu memberi gambaran menyeluruh bagi para nostri dan kolaborator dalam rangka gerak Provindo. Karena itu, perbaikan kualitas komunikasi dan mutu informasi menjadi salah satu wilayah penting yang akan dilakukan oleh Tim Communicator Provindo. Dalam beberapa bulan ke depan, Tim Communicator Provindo akan berupaya menyampaikan informasi secara teratur kepada nostri dan kolaborator. Secara khusus, Tim Communicator akan memberikan perhatian pada informasi-informasi terkait dengan Preferensi-preferensi kerasulan Universal yang telah ditetapkan oleh Pater Jenderal. Ini disampaikan oleh Tim Communicator dengan menggunakan beberapa platform media digital, maupun cetak.

Found something interesting? share to friends....

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *