Peduli Bencana Siklon Tropis Seroja di NTT

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on print
Share on telegram

Yayasan Realino Seksi Pengabdian Masyarakat (Realino SPM), karya sosial Serikat Jesus Provinsi Indonesia, mengadakan aksi penggalangan dana untuk disalurkan bagi korban bencana Siklon Tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT). Penggalangan ini dimulai sejak tanggal 7 April hingga 17 April 2021. Jumlah donasi yang terkumpul sebesar 82 juta rupiah. Dana ini sudah disalurkan ke Adonara melalui Dekenat Adonara, Keuskupan Larantuka. Pribadi yang menjadi jembatan komunikasi di sana adalah RD Lasarus Laga Koten, Pr (Pastor Dekenat Adonara).

Selama proses penggalangan dana, lebih kurang 10 hari, Realino SPM sempat diundang kolaborasi bersama Canon Indonesia dan DOSS. Kerja sama yang dilakukan ketiganya berbentuk kegiatan lelang amal dua buah kamera yang dilaksanakan pada 12-15 April 2021 di akun media sosial @doss.jogja. Total lelang donasi yang terkumpul melalui kerja sama ini sebesar 15 juta rupiah dan semuanya didonasikan untuk bantuan ke NTT. Ada banyak pribadi yang turut peduli dan berbagi kebaikan dalam penggalangan dana ini. Realino SPM bersyukur dan berterima kasih atas kemurahan hati 38orang dan komunitas/lembaga yang ikut berdonasi dan memiliki kepedulian pada situasi pasca bencana Siklon Seroja di NTT.

Selain menyalurkan bantuan dana, Realino SPM mengusahakan pula bantuan pakaian layak pakai. Total baju layak pakai yang berhasil dikumpulkan sampai penulisan berita ini sebanyak delapan kardus. Kardus-kardus ini berisi pakaian perempuan, laki-laki, dan perlengkapan sanitasi seperti handuk. Rencananya, bekerja sama dengan Paroki St. Antonius Kotabaru, Yogyakarta, pengiriman donasi pakaian layak pakai ke NTT ini akan dibantu oleh TNI AU menggunakan pesawat kargo lewat Landasan Udara Adisucipto.

Kontributor: Absherina Olivia Agatha & Pieter Dolle, SJ – SPM Realino