capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Michael Day: Berkarya dan Bergerak dalam Kolaborasi Mewujudkan Bakti Mikael untuk Vokasi

Date

Michael Day merupakan sebuah perayaan Santo Pelindung yang setiap tahun dirayakan pada 29 September. Selama pandemi Covid-19, Michael Day dirayakan secara terbatas dan tidak seperti perayaan-perayaan sebelumnya. Maka, di saat pandemi sudah mulai mereda, di tahun 2022 ini perayaan Michael Day diputuskan untuk dirayakan secara lebih meriah.

Perayaan Michael Day tahun 2022 kali ini bersamaan dengan perayaan Lustrum XII SMK Mikael dengan tema “Berkarya dan Bergerak dalam Kolaborasi Mewujudkan Bakti Mikael untuk Vokasi”. Secara garis besar, “KOLABORASI” menjadi tema umum Michael Day tahun 2022 ini.

Rangkaian kegiatan Michael Day 2022 dimulai dengan beberapa perlombaan dan kegiatan-kegiatan pra-event, antara lain pertandingan bulutangkis yang diikuti oleh beberapa warga Kolese Mikael, pertandingan sepak bola, basket, futsal, dan tenis meja yang menjadi kegiatan olahraga favorit warga Kolese Mikael. Ada pula lomba mewarnai untuk anak-anak warga Kolese Mikael tingkat TK dan SD. Selain itu ada pula lomba fotografi bagi yang mempunyai hobi di bidang fotografi. Untuk lomba fotografi sendiri tema yang diusung adalah “social human interest.”

Perayaan Ekaristi Michael Day 2022 diiringi dengan gamelan dan band dari SMK Mikael.
Dokumentasi : Panitia Michael Day 2022

Selain beberapa kegiatan perlombaan pra-event, diadakan pula bhakti sosial berupa pembagian sembako kepada beberapa karyawan purna karya yang sudah lama membaktikan diri bagi Kolese Mikael. Bakti Sosial kepada para purna karya ini juga sebagai tanda terima kasih atas dedikasi dan karya untuk Kolese Mikael.

Menjelang acara puncak Michael Day, kelompok Michael Cyclist menyelenggarakan Gowes Michael Day pada 24 September 2022. Rute Gowes Michael Day kali ini mulai dari kampus ATMI Karangasem sampai finish di Pantai Goa Cemara Yogyakarta. Terdapat dua pit stop selama perjalanan jauh itu yaitu di Panti Semedi Klaten dan di kampus ISI Yogyakarta. Gowes Michael Day diikuti oleh banyak orang, tidak hanya karyawan, tetapi juga beberapa alumni anggota kelompok Michael Cyclist.

Berbagai persiapan dilakukan saat mendekati acara puncak Michael Day 2022. Kurang lebih 60 orang anggota paduan suara sudah mulai berlatih dengan iringan gamelan dan band dari SMK Mikael. Paduan suara untuk misa puncak Michael Day dan Lustrum XII SMK Mikael juga menjadi tanda kolaborasi dari berbagai unit usaha di Kolese Mikael, antara lain dari Politeknik ATMI, SMK Mikael, PT ATMI SOLO, PT ATMI IGI Center, dan Yayasan Karya Bakti Surakarta. Seluruh warga Kolese Mikael sangat antusias mendukung perayaan Michael Day 2022 mengingat ini adalah perayaan pertama setelah pandemi.

Peserta yang sangat antusias mengikuti lomba memancing.
Dokumentasi: Panitia Michael Day 2022

Puncak Michael Day 2022 jatuh pada 29 September 2022 yang diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh selebran utama Provinsial Serikat Jesus Provinsi Indonesia, Pater Benedictus Hari Juliawan, S.J. Misa puncak Michael Day 2022 dan Lustrum XII SMK Mikael ini begitu meriah dan dihadiri oleh semua warga Kolese Mikael serta beberapa tamu undangan. Kurang lebih dua ribu orang mengikuti Misa Puncak Michael Day 2022 dan Lustrum XII SMK Mikael ini.

Selain misa, ada pula kegiatan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) hasil kerja sama dengan Puskesmas Pajang, yaitu pemeriksaan kesehatan (cek tekanan darah, gula darah, tinggi badan, berat badan, dan lemak tubuh) dan edukasi kesehatan penerapan GERMAS. Warga Kolese Mikael yang tidak

mengikuti misa dapat mengikuti kegiatan ini. Tidak ketinggalan, KPTT Salatiga ikut memeriahkan Michael Day tahun ini.

Setelah perayaan Ekaristi, ada pula lomba mengikir, menggergaji, dan memancing. Para peserta tampak sangat antusias. Mereka menyalurkan rasa rindu mereka kepada Michael Day yang semarak seperti sebelum pandemi.

Setelah altar dibersihkan dan diturunkan, maka dimulailah pentas seni yang ditunggu-tunggu. Pentas seni diisi oleh band internal seperti Dadakan Band dari SMK MIKAEL, keroncong Orong Geong dari Politeknik ATMI, serta band bintang tamu. Acara berjalan sangat meriah dan berakhir pukul 15.00 WIB.

Selamat merayakan Michael Day 2022…!

Kontributor: Ika Hattary Kirana dan Maria Theresia Rika Pangesti – Panitia Michael Day

More
articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *