capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Kunjungan para Uskup ke Taman Komunikasi

Date

Menjelang momen penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa kepada Kardinal Miguel Angel Ayuso, M.C.C.J oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Minggu, 12 Februari 2023 lalu, para Uskup menyempatkan berkunjung ke Taman Komunikasi Kanisius. Empat Uskup yang hadir dalam kunjungan tersebut adalah Mgr. Boddeng Timang dari Keuskupan Banjarmasin, Mgr. Aloysius Sudarso dari Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Agustinus Agus dari Keuskupan Agung Pontianak, dan Mgr. Vitus Rubianto dari Keuskupan Padang didampingi para Romo Kuria Keuskupan Agung Semarang dan Vikep Yogyakarta area Timur, Romo Adrianus Maradiyo, Pr. Kunjungan bersuasana informal ini menghasilkan perjumpaan yang akrab dan mengesankan, terutama karena para Uskup melebur dalam perbincangan mengenai perjalanan karya dalam konteks sinodalitas Gereja.

Dalam sambutannya, Romo Maradiyo menyampaikan apresiasi atas kontribusi PT Kanisius dalam perjalanan sejarah Gereja dan dunia pendidikan melalui produk-produk yang dihasilkan. Salah satu produk terbitan yang sedang berproses dalam kerja sama dengan Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang adalah buku Wastu Pana yaitu buku referensi pendampingan kaum muda.

Romo Adrianus Maradiyo, Pr. menemani Mgr Agustinus Agus, Mgr. Vitus Rubianto Solichin dan
Mgr. Aloysius Sudarso melihat buku-buku di Kanisius Shop.
Dokumentasi: PT Kanisius

Sebagai anggota Tribunal (Hakim Gereja) KAS, Romo Maradiyo juga mengapresiasi kontribusi PT Kanisius dalam penyediaan sarana reksa pastoral, khususnya dalam proses penyiapan hidup perkawinan. Untuk membantu mencermati hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam penyelidikan kanonik, telah dilakukan pula proses revisi terhadap Lembar Penyelidikan Kanonik yang dilengkapi dengan formulir pendukungnya. Dengan revisi ini, diharapkan romo-romo paroki dapat melaksanakan reksa pastoral penyiapan hidup berkeluarga dengan lebih baik. Kontribusi konkret PT Kanisius dalam hal ini adalah menerbitkan lembar Penyelidikan Kanonik versi revisi yang mengakomodir penyesuaian yang diperlukan.

Direksi PT Kanisius, Pater E. Azismardopo Subroto, S.J. dan Ibu Margaretha Sulistyorini pada kesempatan tersebut juga menyampaikan kesiapsediaan PT Kanisius untuk berkolaborasi dengan keuskupan-keuskupan dalam tugas perutusan mewartakan Kabar Gembira. Di usianya yang lebih dari seabad, Kanisius menyadari perlunya lahir baru, menjadi muda tanpa mengubah jati diri kelembagaan. Dalam kelahiran barunya sebagai PT Kanisius, telah banyak Insan Muda Kanisius yang menyumbangkan aspirasinya, hingga mewujudkan perubahan wajah Kanisius, yang direpresentasikan oleh keberadaan Gedung Taman Komunikasi atau Takom yang baru. Tempat ini diharapkan menjadi taman bagi semua orang untuk berkomunikasi, membuka diri, menyingkirkan sekat, bertukar gagasan, saling menginspirasi, sehingga makin banyak menghasilkan karya-karya kreatif bagi kehidupan bersama yang lebih baik. Acara kunjungan dipuncaki dengan santap malam bersama menikmati menu Takom Café & Resto.

Terima kasih untuk kehangatan dan keakraban yang tercipta dari momen kunjungan ini.

Kontributor : Christin Natalia Puspitaningrum – PT Kanisius

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top