capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Kick Off Vaksinasi Murid di SD Strada Bhakti Utama

Date

Perkumpulan Strada merupakan lembaga pendidikan milik Keuskupan Agung Jakarta yang dikelola oleh Serikat Jesus. Perkumpulan Strada saat ini mendidik 23.284 murid. Mereka bersekolah di TK, SD, SMP, SMK, dan SMA Strada yang tersebar luas di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Para murid, selama pandemi Covid-19, perlu mendapat pelayanan vaksinasi khusus untuk anak dan remaja. Vaksinasi murid dilakukan secara bertahap. Per 21 Desember 2021 sudah ada 8.734 murid Strada yang menerima vaksin. Penjadwalan vaksinasi di Perkumpulan Strada masih akan terus berlangsung. Target vaksinasi ini adalah semua murid Strada menerima vaksin kecuali ada halangan medis, misalnya usia, penyintas, dan penyakit bawaan yang diderita.

Ada pengalaman menarik selama kegiatan vaksinasi di berbagai sekolah Strada, misalnya dalam kegiatan kick off vaksin di SD Strada Bhakti Utama, Bintaro, Jakarta Selatan. “Kick Off” adalah istilah dimulainya vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada 14 dan 15 Desember 2021 yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Program vaksinasi ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01. 07/Menkes/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid 19) bagi anak usia 6 sampai 11 tahun.

Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan pada Selasa, 14-15 Desember 2021 oleh pihak Puskesmas bekerja sama dengan pemerintah terkait seperti Lurah, Satuan Pelaksana Penanganan Covid-19, Bidang Pendidikan, TNI dan POLRI di Kecamatan Pesanggrahan Bintaro, Jakarta Selatan. SD Strada Bhakti Utama dipilih dalam pelaksanaan vaksin perdana usia 6 s-d 11 tahun. Menurut Ibu Angel, Kepala Sekolah, sesuai data di Puskesmas, SD Strada Bhakti Utama memiliki murid SD terbanyak di Kecamatan Pesanggrahan, yaitu 558 peserta didik. Selasa, 14 Desember 2021, jumlah peserta vaksinasi kelas II, IV, dan V berjumlah 228 murid. Pelayanan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 14.30 WIB. Vaksinasi dilayani oleh enam petugas medis Puskesmas. Satuan Pelaksanaan penanggulangan Covid 19 dan para guru bertugas mendampingi para murid yang divaksinasi. Secara keseluruhan, pelaksanaan Vaksinasi berjalan baik dan lancar. 

Pelaksanaan vaksinasi hari kedua, Rabu, 15 Desember 2021 dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB. Awalnya kegiatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah bekerja sama dengan TNI, POLRI, dan Strada ini akan disiarkan interaktif virtual melalui zoom meeting bersama Bapak Presiden Republik Indonesia namun dibatalkan karena keterbatasan waktu. Peserta vaksinasi hari kedua diikuti murid kelas I, III, dan VI dengan jumlah peserta vaksin sebanyak 270 murid. Vaksinasi di SD Strada Bhakti Utama kali ini dimeriahkan dengan kehadiran Captain America (tokoh komik Marvel) dan Spiderman yang dipersembahkan oleh pihak kepolisian untuk menghibur para murid supaya gembira dan tidak takut menerima vaksin. 

Kegiatan vaksinasi di Strada dihadiri oleh Kapolsek Pesanggrahan, Bapak Wendy. Beliau menyampaikan bahwa vaksinasi yang diadakan ini merupakan kerja sama antara Pemda, TNI, dan Polri dalam rangka percepatan pelaksanaan program vaksinasi Covid 19. Hadir pula Pak Rodin, Kepala Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Covid 19, Bidang Pendidikan. Beliau memberikan pernyataan bahwa vaksinasi Covid-19 merupakan hasil kerja sama yang baik dengan sekolah Strada yang bertujuan supaya semua peserta didik usia 6-11 tahun mendapat vaksinasi. Satlak Pendidikan Pesanggrahan sangat mengapresiasi Kepala Sekolah karena telah memfasilitasi segala tempat dan aneka keperluan demi memperlancar penyelenggaraan Vaksinasi Covid 19. Sementara itu wali murid Elfa siswi kelas VI, Bapak Han, menyampaikan bahwa program ini sangat bermanfaat demi kesehatan putrinya. Ia berharap agar semua kegiatan sekolah dapat segera normal seperti semula. Ibu Bene, orang tua Arya, kelas VI sangat menyambut gembira adanya vaksin untuk para murid. Selama ini anaknya tidak berani bepergian karena belum mendapatkan vaksin. Semoga setelah divaksin, ia beserta seluruh siswa lainnya, dapat kembali bersekolah offline seperti sediakala.

Kontributor & Dokumentasi: Tim Vaksin Strada, Cabang JPBS

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *