Day 5: Keberanian Mengambil Risiko

Man and woman, senior man lying in hospital bed because of coronavirus infection, female doctor applying face mask to a patient.

“Kita tidak boleh membiarkan diri didikte oleh ketakutan. Kita harus dibimbing oleh keberanian.” Pesan yang amat menantang dari Pater Arturo Sosa ini didasarkan pada kutipan dari Surat kepada Orang Ibrani (Ibr 2:14-18) yang menegaskan bahwa Kristus telah membebaskan kita dari perhambaan pada rasa takut akan maut. Menurut Pater Jenderal, “kalau kita membiarkan diri dipenjara oleh rasa takut, kita hanya akan menjadi budaknya.” Kita menjadi jauh dari Roh Allah yang ingin membimbing kita untuk berani mengambil risiko dan memunculkan inisiatif-inisiatif baru yang dituntut oleh krisis ini.

Pada hari Kamis Putih ini, kita juga diingatkan bahwa Yesus pun memilih untuk berani mengambil risiko. Ia bukannya tidak mengalami ketakutan saat berdoa di Taman Getsemani. “Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh dalam berdoa” (Luk 22:44). Doa memberikan Dia kekuatan, sehingga pada akhirnya, Ia berani memilih untuk melaksanakan kehendak Bapa-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau cawan ini tidak mungkin lalu kecuali apabila Aku meminum-Nya, jadilah kehendak-Mu” (Mat 26:42). Yesus menunjukkan bahwa doa dapat memberikan kita karunia keberanian untuk melaksanakan kehendak Allah dan menanggung segala risikonya.

Keberanian Yesus memberikan hidup-Nya ini kita kenangkan dalam Perayaan Ekaristi. Namun, Ekaristi bukan hanya sekadar mengenangkan pemberian diri Yesus. Ekaristi juga merupakan saat menghadirkan kembali pemberian diri Yesus, sehingga kita dikuatkan dalam mengikuti Dia. Maka dari itu, kita bisa bertanya: Apakah kita lebih cenderung dikuasai ketakutan? Atau, apakah kita berani mengambil risiko berinisiatif, sehingga hidup kita menjadi kesaksian kasih Allah yang tanpa batas?

  •  #dirumahaja
  • #solidaritascovid19
  • #JesuitIndonesia
  • #JesuitSolidarity
  • #JesuitStories
  • #JesuitInitiatives
  • #lawancorona
  • #IndonesiaLawanCovid19
  • #bersatumelawancovid19

Found something interesting? share to friends....

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *