capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Jobfair ATMI Surakarta 2023

Date

Pendidikan adalah investasi. Hal ini menjadi perhatian serius Politeknik ATMI Surakarta. Tujuan akhir dari proses pendidikan di ATMI adalah seluruh lulusan ATMI harus mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pilihan hati dan keahliannya. Pendidikan selain menghasilkan perubahan dalam diri anak didik, harus pula menghasilkan sesuatu yang bisa dipetik. Ini merupakan tanggung jawab institusi pendidikan. Bagi mahasiswa ATMI, selain menghasilkan perubahan karakter, pendidikan juga memberikan seluruh mahasiswa kemampuan di bidang keilmuan yang mereka pelajari. Ketika lulus dari proses pendidikan, maka seluruh mahasiswa memiliki kompetensi di bidang keilmuannya sehingga bisa masuk dalam industri dan berkontribusi di dalamnya. Perubahan karakter dan mendapatkan pekerjaan adalah dua hal yang saling terkait. Industri sampai saat ini masih mempercayai kualitas lulusan ATMI karena lulusan ATMI memiliki karakter yang bagus dan kompetensi di bidang keilmuannya. Dua hal yang sangat dibutuhkan industri.

Sampai saat ini masih banyak perusahaan mencari tenaga kerja lulusan ATMI. Perusahaan membutuhkan tangan-tangan terampil lulusan ATMI. Di sisi lain, mahasiswa butuh pekerjaan. Untuk memadukan dua kepentingan ini, Politeknik ATMI Surakarta secara rutin mengadakan kegiatan Jobfair. Jobfair 2023 diadakan pada hari Senin-Rabu, 19-21 Juni 2023. Terdapat 36 perusahaan terseleksi yang hadir dalam Jobfair 2023 sekaligus melakukan rekrutmen. Sementara perusahaan yang tidak bisa datang ke ATMI melakukan proses seleksi secara online. Perusahaan yang mengikuti Jobfair ATMI adalah perusahan-perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, otomotif, makanan, dan mainan.

Yang khas dari Jobfair ATMI 2023 adalah terbuka untuk umum dan diselenggarakan dengan sangat baik. Selain mahasiswa tingkat akhir, mahasiswa ATMI tingkat I & II juga ikut terlibat sebagai panitia dan hadir untuk melihat-lihat potensi ketika mereka lulus nanti akan mendapatkan peluang bekerja di perusahaan seperti apa. Tampak juga beberapa orang tua mahasiswa yang menghadiri kegiatan Jobfair ini sehingga bisa membantu anak dalam memutuskan jenis pekerjaan dan perusahaan yang akan dipilih.

Panitia juga bekerja dengan sangat baik, yaitu memberikan informasi secara transparan terkait profile company serta lowongan yang tersedia melalui layar televisi yang disediakan di arena job fair sehingga calon pencari kerja bisa mempelajari perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan dipilih. Selain penjelasan di booth, setiap perusahaan juga diberi kesempatan untuk melakukan presentasi di kelas sehingga semakin memberikan kejelasan dan arah para pencari kerja.

Kontributor: John Prasojo – ATMI Surakarta

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top