capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Adorasi kepada Sakramen Maha Kudus bagi Calon Komuni Pertama

Date

Ada sebuah tradisi menarik di Gereja St. Yusup Gedangan sebelum misa penerimaan komuni pertama, yaitu tirakatan. Dalam tirakatan ini calon penerima komuni pertama diajak untuk melakukan adorasi kepada Sakramen Mahakudus. “Tirakatan bagi calon penerima komuni pertama sudah ada sejak lama. Ini merupakan kegiatan positif yang menjadi ciri khas dari Gereja Gedangan. Menurut saya, ini baik untuk selalu diteruskan setiap tahunnya, meskipun sempat berhenti di masa pandemi,” ujar Pastor Kepala Benedictus Cahyo Christanto, S.J.

Tirakatan atau adorasi ini diselenggarakan sebagai penutup misa Sabtu sore, 10 Juni 2023, sekaligus menjadi persiapan bagi calon penerima komuni pertama keesokkan harinya. Pater Cahyo memimpin tirakatan ini. Setelah misa berkat penutup, Sakramen Maha Kudus dibawa Pater Cahyo dengan penuh khidmat dari Gereja St. Yusup Gedangan menuju Gedung Pertemuan Bintang Laut di lantai 2.

Kegiatan ini diperuntukkan secara khusus bagi calon penerima komuni pertama, namun banyak umat yang antusias hadir mengikuti tirakatan ini. Umat ingin merasakan kedekatan secara personal dengan Allah. Musik taize yang mengiringi tirakatan ini, membawa para calon penerima komuni pertama dan umat yang hadir dalam suasana tenang, hening, dan damai. Selama satu jam, calon penerima komuni pertama dan umat diajak menikmati keheningan bersama dengan Allah yang hadir dalam Sakramen Mahakudus serta merenungkan misteri Ekaristi.

Semoga dengan tirakatan ini, para calon penerima komuni pertama semakin siap menyambut Ekaristi dan semakin mencintai Allah di dalam Ekaristi. Umat yang hadir juga diharapkan memiliki kegairahan kembali ke gereja dan merayakan Ekaristi mingguan atau harian secara offline, terutama dalam masa pasca pandemi ini.

Kontributor: Fr. Wahyu Mega, S.J. – Paroki St. Yusup, Gedangan

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top