capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Program Pelatihan Menyeluruh tentang Safeguarding

Date

Untuk semakin mengembangkan budaya dan lingkungan aman dalam komunitas Jesuit global, Serikat telah meluncurkan program pendidikan dan pelatihan menyeluruh yang bertujuan untuk melindungi anak di bawah umur dan orang dewasa rentan.

Inisiatif ini, atau dikenal dengan nama Program Promosi Budaya Perlindungan yang Konsisten (Promotion of a Consistent Culture of Protection atau PCCP), akan diterapkan di seluruh ranah kerasulan Serikat Jesus yang mencakup pendidikan pra-sekolah menengah dan menengah, pendidikan tinggi, pendidikan informal, karya-karya sosio-pastoral, formasi Jesuit, iman dan spiritualitas, dan jejaring global.

PCCP telah disebut oleh Pater Jendral Arturo Sosa, S.J. dalam De Statu Societatis 2023. Audit global PCCP yang diselesaikan tahun 2022 mengidentifikasi kebutuhan akan pelatihan atau lokakarya yang berkualitas yang mendorong perumusan program global ini. Setelah konsultasi ekstensif dengan para Superior Mayor, para Delegat Safeguarding di tingkat Konferensi, berbagai Sekretariat dan jejaringnya, akhirnya usulan pelatihan menyeluruh atau komprehensif mengenai safeguarding disetujui pada Juni 2023.

Pater Jenderal telah menunjuk Pater John Guiney, S.J. menjadi Koordinator dan Dr. Sandra Racionero-Plaza sebagai Asisten. Mereka akan memulai bekerja pada Januari 2024 hingga tiga tahun ke depan. Mereka bertanggung jawab mengorganisasi dan mengimplementasikan program pelatihan ini dalam kolaborasi dengan semua Provinsi dan karya Serikat Jesus di seluruh dunia.

Dalam surat yang ditujukan kepada semua Superior Mayor tertanggal 8 Desember 2023, Pater Jenderal menekankan pentingnya Program PCCP yang baru sebagai langkah maju yang signifikan dalam mengemban misi bersama untuk menghapuskan tindak pelecehan, seperti yang diuraikan dalam poin kedua Preferensi Kerasulan Universal, Berjalan bersama Mereka yang Tersisih. Program ini dipandang sebagai inisiatif strategis dan berdampak sosial karena berkontribusi pada upaya yang sedang dilakukan Serikat, yaitu menciptakan budaya perlindungan bagi seluruh anggotanya. Fokusnya adalah merancang program pelatihan dan mengembangkan kurikulum khusus untuk setiap ranah karya kerasulan.

Para Presiden Konferensi dan Tim Delegasi memainkan peran penting dalam memastikan pelaksanaan program yang efektif. Pater Jenderal telah menyerukan pentingnya kolaborasi, partisipasi, dan dukungan dari semua Provinsi dan bekerja keras sehingga program ini dapat memenuhi mandat ambisius seperti ditetapkan dalam KJ 36, yaitu menciptakan budaya perlindungan dan keamanan yang konsisten.

Selain itu, Serikat juga merayakan tonggak sejarah lainnya pada 8 Desember 2023 yaitu dengan diterbitkannya edisi terbaru Promotio Iustitiae yang sepenuhnya didedikasikan bagi PCCP. Publikasi ini berfungsi sebagai dokumen utama yang menawarkan wawasan tentang sejarah PCCP dan kontribusi keenam Konferensi, menyoroti pengalaman konkret dalam mendampingi korban, mengembangkan kebijakan dan protokol, dan contoh-contoh keberhasilan dari upaya pencegahan di berbagai lingkungan pendidikan dan masyarakat umum.

Dalam edisi ini, diterbitkan dalam empat bahasa dan tersedia akses terbuka, juga menampilkan refleksi tentang pelatihan dan formasi yang diperlukan. Jaringan-jaringan utama Serikat universal, seperti Jesuit Refugee Service, Fe y Alegria, dan Xavier Network, telah memberikan kontribusi dalam edisi ini dan semakin memperkaya pemahaman menyeluruh mengenai upaya-upaya perlindungan di komunitas-komunitas Jesuit kita.

Serikat Jesus, selain mendorong disebarluaskannya Promotio Iustitiae edisi terbaru ini, juga mengharapkan partisipasi aktif dari semua anggota untuk mempromosikan misi perlindungan dan budaya aman ini bagi seluruh keluarga besar Ignasian.

Anda dapat mengunduh dokumen Promotio Iustitae: A Journey to Justice and Hope di sini.

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel “Society of Jesus Launches Comprehensive Safeguarding Training Programme” dalam https://jcapsj.org/2024/01/society-of-jesus-launches-comprehensive-safeguarding-training-programme/ Artikel ini diterjemahkan dengan penyesuaian oleh Tim Sekretariat SJ Provindo pada tanggal 31 Januari 2024.

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top