capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Menghidupi Kaul Kemiskinan sesuai Zaman

Date

Kongregasi Jenderal ke-36 tahun 2016 meminta Pater Jenderal Arturo Sosa untuk melakukan revisi Statuta tentang Kaul Kemiskinan dalam Serikat Jesus dan Instruksi Pengelolaan Harta Benda (SOP-IAG). Untuk itu, pada Januari 2020 ia menunjuk sebuah komisi yang dikoordinasi Ekonom Kuria Generalat saat itu, Pater Thomas McClain (Provinsi Midwest Amerika Serikat) dengan para anggotanya PP Cristián del Campo (Chili), Michael Lewis (Afrika Selatan), Benoît Malvaux (Eropa Barat/Prokurator Jenderal), dan Paul Sun (Cina). Para penasihat yang ditunjuk yaitu PP Charles Lasrado (Karnataka), Agustín Moreira (Chili), Michel N’Tangu (Central Afrika), dan saya sendiri. Saya berterima kasih kepada semua orang dalam komisi ini yang telah dengan murah hati memberikan waktu, tenaga, dan keahlian demi melaksanakan penugasan ini.

Setelah selama dua tahun melakukan konsultasi secara intensif, maka pada Desember 2021 komisi menyampaikan dokumen-dokumen yang telah direvisi kepada Pater Jenderal. Setelah melakukan konsultasi dengan Konsultor Jenderal dan menimba inspirasi dari laporan-laporan proses eksamen terkait cara bertindak kita dalam menghayati kaul kemiskinan, Pater Jenderal menulis pengantar untuk statuta baru mengenai Kaul Kemiskinan dalam Serikat Jesus dan Pedoman Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Harta Benda (SOP-IAF 2023). Hari ini, 14 November 2023, pada hari raya Santo Yosef Pignatelli dan ulang tahun keseratus kelahiran Pater Pedro Arrupe, Pater Jendral Arturo Sosa mengumumkan SOP-IAF yang baru.

Komisi mempertimbangkan berbagai konsekuensi dari dunia yang berubah cepat pada instrumen administrasi keuangan seraya menyarankan perubahan seperti termaktub dalam SOP-IAF yang baru. Oleh karena itu, IAF yang telah direvisi ini menyajikan beberapa perubahan substansial untuk memperjelas dan menyelaraskan administrasi keuangan sesuai dengan kebutuhan dunia modern.

Saya percaya bahwa dokumen-dokumen yang telah direvisi ini akan membantu seluruh Jesuit untuk menghayati kaul kemiskinan dengan cara yang lebih mendalam dan bermakna. Semoga semua ini akan membantu pengadministrasian keuangan dan pengelolaan harta benda sehingga lebih efektif dan transparan.

Kontributor: Sebastian Jeerakassery, SJ – Ekonom Kuria Roma

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel “For contemporary ways to live the Jesuit vow of poverty | The Society of Jesus” dalam https://www.jesuits.global/2023/11/14/for-contemporary-ways-to-live-the-jesuit-vow-of-poverty/ Artikel ini diterjemahkan dengan penyesuaian oleh Tim Sekretariat SJ Provindo pada tanggal 20 November 2023.

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *