capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Kesetiaan Kreatif: Memadu Karya, Meraih Jaya

Date

Peringatan HUT ke-101 Penerbit-Percetakan Kanisius dan ke-9 PT Kanisius

“Dunia media komunikasi dalam gambaran ideal adalah sebuah lingkungan yang penuh dengan kegairahan. Kegairahan dipicu oleh penemuan keindahan dan pengalaman tercerahkan saat para pelaku media komunikasi berjuang mencari, membela, dan menyebarluaskan kebenaran. Bukankah ini yang dimaksudkan dengan Kabar Gembira Injil? Ketika lingkungan media komunikasi bergairah, masyarakat akan kena imbasnya, yakni ikut bergairah. Dalam kegairahan yang saling terhubung, kelimpahan kekayaan dari realitas kehidupan bersama di muka bumi bisa kembali kita syukuri.”

P. Wiryono P., SJ, KESETIAAN KREATIF Refleksi Perjalanan 100 Tahun Karya Penerbit-Percetakan Kanisius, Yogyakarta, hlm. 126

Jl. Cempaka 9, Deresan, bulan Januari selalu menjadi bulan penuh sukacita bagi segenap insan Kanisius (Penerbit-Percetakan). Bulan Januari tahun ini menjadi penanda khusus pula bagi insan Kanisius untuk memulai langkah baru, menapaki usia 101 tahun karya Penerbit-Percetakan Kanisius. Tonggak-tonggak sejarah yang sudah terpatri pada usia 100 tahun karya tahun lalu, menjadi pondasi untuk membangun dan menggaungkan kembali semangat kesetiaan kreatif. Tema besar kesetiaan kreatif dipilih untuk memberikan kesadaran baru bagi insan Kanisius dan mitra-mitra kerja Kanisius, bahwa Kanisius terus-menerus mencoba cara-cara baru untuk dalam karya. Kesetiaan juga dimaknai sebagai usaha menemukan terus-menerus Roh yang telah menggerakkan Ignatius Loyola dalam menjalankan perutusan Gereja di zamannya. Pun halnya dengan Penerbit-Percetakan Kanisius yang terus-menerus diuji melalui ketekunan dalam mewartakan kebenaran melalui media yang digeluti selama ini. Ada dua agenda besar yang diselenggarakan untuk memaknai semangat kesetiaan kreatif ini. Pertama, Kanisius Examen Day, yang dibungkus dalam kemasan games & gathering karyawan. Dengan aneka macam permainan, seluruh insan Kanisius diajak untuk memainkan peran masing-masing dalam permainan dan merefleksikan proses permainan bersama narasumber, Pater P. Wiryono Priyotamtama, S.J. Kedua, Perayaan Ekaristi Syukur HUT bersama.

Salah satu permainan yang didesain oleh panitia untuk peserta Kanisius Examen Day.
Dokumentasi: PT Kanisius

Kanisius Examen Day

Suasana Ruang Terbuka Hijau (RTH) PT Kanisius tampak riuh ramai dengan gelak tawa dan canda seluruh karyawan-karyawati yang berkarya di Kanisius. Meriahnya semakin terasa dengan kehadiran lengkap rekan-rekan dari Kantor Pemasaran (Distrik) Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, Palembang. Selama kurang lebih satu hari ini, insan Kanisius bersama-sama menyelenggarakan Examen melalui aneka games atau permainan yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Terbagi dalam 12 kelompok dengan 8 permainan menambah suasana menjadi semakin semarak. Kompetisi antar kelompok menjadikan permainan semakin berwarna. Setiap kelompok wajib menyelesaikan alur permainan, berdinamika dalam kelompok, dan berefleksi bersama atas setiap permainan yang sudah dilakoni bersama-sama.

Uniknya, permainan didesain oleh panitia untuk semakin mengenal satu sama lain dan mendalami visi-misi-nilai PT Kanisius. Setiap insan Kanisius diajak untuk menemukan nilai-nilai hidup dalam permainan. Ada dua permainan utama yang harus dimainkan secara bersama-sama oleh seluruh peserta, yaitu permainan “Jaga Terang” dan “Mencari Harta Karun.” Dalam dua permainan ini, peserta diajak untuk menggali kembali nilai-nilai dari visi-misi.

Kanisius Examen Day ditutup dengan refleksi bersama narasumber Pater P. Wiryono Priyotamtama, S.J. di Ruang Kepodang. Pater Wiryono, S.J. menegaskan kembali arti dari kesetiaan kreatif sebagai salah satu bentuk untuk bertahan (survive), juga bisa dimaknai sebagai bentuk kesetiaan dalam panggilan dan perutusan di segala tempat dan waktu yang selalu berubah. Dipaparkan oleh Pater Wiryono, S.J. bahwa Gereja Katolik Indonesia bersyukur mempunyai contoh-contoh teladan dalam kesetiaan kreatif, antara lain: Pater F. van Lith, S.J.; Mgr. A. Soegijapranata, S.J.; dan Rm. J.B. Mangunwijaya, Pr. Salah satu Jenderal Serikat Jesus, Pater Peter Hans Kolvenbach, S.J., memaknai kesetiaan kreatif sebagai usaha kembali ke sumber-sumber asli milik perorangan, kelompok, institusi, dan seluruh ciptaan bagi peneguhan jati diri masing-masing dalam zaman yang berubah. Pater Wiryono, S.J. juga memberikan tips untuk menghidupi kesetiaan kreatif tersebut dalam tiga unsur konstitutif, yaitu melalui: (1) pengalaman panggilan/perutusan: jati diri, passion & perseverance; (2) kebiasaan berdiskresi: spiritualitas; dan (3) membangun harapan-harapan yang menyelamatkan: integrasi ke dalam harapan-harapan Gereja. Agenda refleksi bersama ini ditutup dengan pemberian penghargaan untuk AMDG Awards 2023.

Pater P. Wiryono Priyotamtama, S.J. menutup Kanisius Examen Day dengan refleksi bersama. Dokumentasi: PT Kanisius

Perayaan Puncak Syukur HUT ke-101 Pen-Per Kanisius

Dengan penuh rasa sukacita dan syukur, segenap keluarga besar PT Kanisius menyatukan diri dan hati dalam Perayaan Ekaristi Syukur yang dilaksanakan tepat di hari ulang tahunnya yang ke-101, 26 Januari 2023. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang, Rm. Y.R. Edy Purwanto dan Pater B. Hari Juliawan, S.J. (Provinsial Serikat Jesus Provinsi Indonesia) didampingi oleh Rm. A. Maradiyo (Vikep Yogya Timur), Rm. A.R. Yudono Suwondo (Vikep Yogya Barat), Rm. Y. Harsanto (Vikep Kategorial), Pater Sarjumunarsa, S.J. (tamu undangan), dan Pater E. Azismardopo Subroto, S.J. (Dirut PT Kanisius).

Perjalanan monumental 100 tahun di tahun 2022 lalu masih berlanjut sampai ke usia 101 tahun dan penuh harapan untuk tahun-tahun ke depan, melanjutkan penziarahan PT Kanisius. Pada momen yang ke-101 tahun ini, PT Kanisius menghadirkan satu lagi layanan di Taman Komunikasi Kanisius Yogyakarta yaitu Takom Kafe yang sudah memulai kiprah barunya pada Januari 2023. Perayaan Ekaristi Syukur HUT ke-101 ini sekaligus menjadi kesempatan terindah untuk memberkati ruang kafe dan ruang Takom Kanisius Pusat yang baru selesai direnovasi. Sekaligus dilakukan penandatanganan prasasti renovasi gedung Takom oleh Rama Vikjen dan Rama Provinsial. Syukur kepada Allah atas rahmat-Nya yang berlimpah.

Penanaman pohon zaitun di halaman Taman Komunikasi Kanisius.
Dokumentasi: PT Kanisius

Perayaan Syukur dalam kesatuan doa ditutup dengan prosesi penanaman dua pohon zaitun di halaman Taman Komunikasi Kanisius. Pohon zaitun merupakan salah satu pohon yang langka, pohon yang melambangkan perdamaian, kehormatan, dan kesejahteraan. Pohon zaitun ini pula yang menjadi salah satu ikon gambar yang terpasang di logo Takom Kafe. Kami berharap, filosofi pohon zaitun merepresentasikan semangat perdamaian, kehormatan, dan kesejahteraan bagi PT Kanisius beserta insan Kanisius yang bernaung di dalamnya.

Terima kasih kepada para Sahabat, mitra kerja, dan warga sekitar yang bersama-sama PT Kanisius berkolaborasi dan bekerja sama dalam aneka bentuk kegiatan. 101 tahun Kanisius, Memadu Karya Meraih Jaya.

Kontributor: Paulus WidiantoroPT Kanisius

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *