capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Ziarah dalam Gelisah

Date

Seri Webinar ketujuh Ziarah dalam Gelisah kembali digelar pada Jumat, 16 Desember 2022 di Gereja St. Theresia, Bongsari, Semarang. Webinar pendalaman Spiritualitas Ignatian ini, yang merupakan buah kerja sama antara Serikat Jesus Provinsi Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Yayasan Basis, dan beberapa karya Jesuit, cukup menarik minat para pencinta Spiritualitas Ignatian. Narasumber untuk seri terakhir ini adalah Pater Benedictus Hari Juliawan, S.J., Provinsial Serikat Jesus Provinsi Indonesia dengan moderator Ibu Elizabeth Indira. Tema yang diangkat adalah Mengolah Gerakan-gerakan Batin: Menekuni Latihan Pembedaan Roh secara Ignatian dalam Hidup Sehari-hari.

Pater Benny, S.J. mengajak kita untuk lebih mengamati gerakan-gerakan batin yang sering muncul dalam hidup kita sehari-hari, terutama dalam pengambilan keputusan. Terkadang kita tidak menyadari bahwa setiap hari kita mengambil begitu banyak keputusan. Sebenarnya gerakan batin atau perasaan apa yang muncul ketika kita akan memilih sesuatu? Apakah kita senang atau sedih atau berat? Lalu bagaimanakah realitas yang ada sebenarnya? Baru setelah itu, kita melakukan pembedaan roh dan mengambil keputusan. Namun adakalanya kita dihadapkan dalam pilihan yang sulit dan membuat ragu. Saat hal ini terjadi, sebaiknya kita mengumpulkan semua informasi dan kemudian melakukan pembedaan roh serta mengamati bagaimana perasaan kita sesungguhnya. Proses ini akan membutuhkan waktu yang agak lama. Apabila kita masih ragu-ragu, ambil saja keputusan namun kita harus berani menanggung konsekuensinya karena setiap keputusan yang kita ambil selalu mengandung konsekuensi. Semakin besar tanggung jawab kita maka semakin besar pula konsekuensinya. Di akhir webinar Pater Benny, S.J. berpesan agar kita tidak perlu khawatir akan apa yang dipikirkan Allah tentang diri kita. Yang terpenting adalah kita memberi ruang bagi Allah untuk bekerja dalam diri kita lewat pembedaan roh dan Allah pasti bekerja saat kita harus menentukan keputusan.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid dan dimeriahkan dengan iringan musik dari Bongsari Music Ministry. Para umat yang hadir dan bergabung dalam zoom pun terlibat aktif dalam sesi tanya-jawab. Pater Sindhunata, S.J., perwakilan Yayasan Basis dan penulis buku, serta Andi Tarigan, perwakilan Gramedia Pustaka Utama turut hadir dalam webinar ini, sekaligus menutup rangkaian seri Ziarah Dalam Gelisah. Rangkaian seri webinar ini menjadi bedah buku terpanjang dengan peserta terbanyak yang diselenggarakan oleh Gramedia.

Kontributor: Tim Komunikator SJ Provindo

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *