TETAP BERKARYA DAN BERSYUKUR DI TENGAH PANDEMI

IMG-20200930-WA0019

“Ketika Mas Yanto (Suyanto—ketua panitia Michael Day 2020) bertanya kepada saya, ‘Apakah Michael Day nanti akan ada misa?’, saya menjawab, ‘Ada!’” Demikian Pater V. Istanto Pramuja, SJ membuka homili dalam perayaan Ekaristi Michael Day 2020 di Kolese Mikael Surakarta. Bagi beliau, perayaan Ekaristi Michael Day 2020 memperlihatkan masih adanya suatu kegiatan yang dapat dilakukan bersama pada masa pandemi seperti saat ini. Dan, kegiatan bersama itu merupakan ungkapan iman seluruh warga Kolese Mikael.

Perayaan Ekaristi yang diselenggarakan pada hari Selasa, 29 September 2020 lalu merupakan puncak dari rangkaian kegiatan dalam rangka Michael Day 2020. Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh lima imam yang berkarya di Kolese Mikael, yaitu PP. V. Istanto Pramuja, SJ; T. Agus Sriyono, SJ; Andreas Sugijopranoto, SJ; R. Mathando Hinganaday, SJ; dengan selebran utama Pater F. Kristino Mari Asisi, SJ. Mengambil tema “Tetap Berkarya dan Bersyukur di Tengah Pandemi”, perayaan tahunan ini dijalankan dengan protokol kesehatan, baik pembatasan jumlah peserta kegiatan, keharusan menjaga jarak, memakai masker, maupun penggunaan QR code bagi umat untuk mengakses teks perayaan Ekaristi. Dekorasi altar yang didominasi buah-buahan dan sayur-mayur untuk menyimbolkan ungkapan syukur dan persembahan warga kolese kepada Tuhan. Ungkapan syukur itu diperjelas Pater Istanto di dalam homilinya, mulai dari bersyukur karena tidak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di kolese hingga masih adanya pesanan untuk dikerjakan oleh ATMI.

Rm. IStanto bersama petugas Koor Kolese Mikael

Sebelum perayaan puncak, kegembiraan Michael Day telah dimulai dengan penyelenggaraan lomba-lomba online. Sebut saja, misalnya, lomba membuat backdrop acara dan fotografi untuk warga kolese, serta mewarnai untuk anak-anak pegawai kolese. Rangkaian lomba tersebut masih disambung dengan Hari Alumni. Di dalam acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 September 2020 malam itu, beberapa perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni Kolese Mikael (IKAMI) berbagi pengalaman mengenai jatuh bangun mereka di dunia kerja. Selain itu, mereka juga menceritakan pengalaman bekerja sama dengan almamater mereka tercinta, khususnya dalam menerima siswa atau mahasiswa magang.

Perayaan Michael Day 2020 tetap terasa khidmat di dalam kesederhanaannya. Di dalam perayaan ini, harap-cemas karena pandemi dilebur dalam rasa syukur kepada Tuhan dan komitmen untuk tetap melayani sesama.

Rafael Mathando Hinganaday, SJ

Found something interesting? share to friends....

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *