capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Tangerang Kota Benteng Toleransi

Date

Salah satu tantangan pastor paroki ialah membangun kehidupan bersama dan toleransi antara umat paroki dan dengan umat beragama lain. Upaya ke arah itu, terutama dalam interaksi dengan umat beragama lain dibangun dengan komunitas lintas iman dan saling berjumpa antara pemuka agama. Di Paroki St. Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda, saya bersama Ignatius Arie Tetahelu (DPH Koordinator Bidang Kesaksian) dan Pater Ignatius Suryadi Prajitna, S.J. sering bertemu tokoh-tokoh muda lintas iman dari enam agama yang ada. Juga ada FKUB yang menjadi wadah formal pertemuan antara tokoh-tokoh agama.

Pada 27 Februari 2022, bersamaan dengan ulang tahun kota Tangerang ke-29, para pemuka dari perwakilan 6 agama menyerukan dan menandatangani deklarasi Tangerang Kota Benteng Toleransi. Kata benteng memang akrab di telinga masyarakat umum seperti Cina Benteng. Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) sendiri berlokasi di kampung Benteng Makasar. Banyak jalan menggunakan nama benteng, seperti Jalan Benteng Betawi, Jalan Benteng Jaya, Jalan Benteng Makasar, dll. Raphael Udik Yunianto sebagai anggota FKUB wakil Katolik kota Tangerang mengatakan bahwa deklarasi ini menjadi usaha membangun image dan branding Kota Tangerang sebagai kota yang lebih toleran. 

Paduan suara Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Tangerang ikut berpartisipasi dalam deklarasi Tangerang Kota Benteng Toleransi.
Dokumentasi : Penulis

Deklarasi tersebut diselenggarakan secara hybrid mengingat puncak Omincron yang sedang terjadi.  Deklarasi tersebut diikuti para tamu undangan yang hadir di aula MUI Kota Tangerang. Sekitar 2,000 partisipan mengikuti secara online melalui zoom meeting. Banyak yang lain mengikuti melalui Youtube Channel dan MUITV Kota Tangerang. Walikota Tangerang Arief Wirmansyah mendukung Deklarasi Tangerang Kota Benteng Toleransi. Salah satu tokoh yang memberikan sambutan apresiatif adalah Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwahid ketua BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). Beliau mengajak setiap elemen masyarakat untuk menyebarkan semangat toleransi dan perdamaian. Tangerang sebagai kota penyangga Jakarta memiliki sumbangan langsung bagi Ibu Kota Negara. 

Pada acara seruan deklarasi tersebut, OMK (Orang Muda Katolik) Paroki Tangerang dipercaya menjadi petugas paduan suara untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Padamu Negeri. Saya merasa bersyukur dan bangga bahwa dalam setiap acara gereja orang Katolik di Tangerang mulai terbiasa menyanyikan lagu kebangsaan.

Seruan deklarasi tersebut disambut positif oleh jajaran pemerintah Kota Tangerang. Oleh karena itu, pada 22 Maret 2022 dikukuhkan Pengurus Forum Benteng Toleransi Kota Tangerang dan diserukan kembali Tangerang Kota Benteng Toleransi yang ditandatangani oleh enam wakil agama, bersama Walikota, Dandim, Kapolres, dan Ketua MUI.

Semoga deklarasi ini mampu memperkuat nilai-nilai toleransi dan saling menghargai antara sesama umat beragama, dan warga masyarakat yang hidup berdampingan di Tangerang.

Kontributor : P. W. Teguh Santosa, S.J. – Pastor Paroki Tangerang

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top