Pelantikan Pengurus IKAPIKA

Date

Ikatan Alumni PIKA atau yang disingkat IKAPIKA merupakan wadah organisasi bagi para alumnus SMK PIKA Semarang, baik yang dikenal dengan nama STKK/PIKA TINGKAT 1/SMTIK maupun yang terakhir melalui SK Kementrian Pendidikan disahkan dengan nama SMK PIKA. Sebagai sebuah organisasi yang mewadahi para alumni, IKAPIKA mempunyai tanggung-jawab melalui para pengurusnya untuk secara tertib melakukan reorganisasi kepengurusan. 

Pada 1 Juni 2022 telah dilakukan Serah Terima Jabatan Ketua IKAPIKA dan Pelantikan Pengurus yang dilakukan oleh Pater Bambang Alfred Sipayung, S.J., Socius Provinsial SJ Provinsi Indonesia. Proses ini tentu saja tidak terjadi secara instan. Melalui Tim Ad-Hoc yang diberi mandat oleh Ketua IKAPIKA periode sebelumnya telah dilaksanakan Pemilihan Umum Ketua IKAPIKA pada 24 april 2022 dengan dua nama calon ketua yang diusulkan oleh sekitar 670 alumnus melalui Google Form. Melalui Pemilu tersebut terpilihlah Sdr. Mikael Ardian Sugito (alumnus angkatan 20) sebagai Ketua yang akan menakhodai IKAPIKA dengan masa bakti 2022-2025.

Dengan terpilihnya Sdr. Mikael Ardian Sugito atau yang akrab disapa Pak Ardian ini, ia diberi tanggung jawab untuk membentuk perangkat kepengurusan alumni. Melalui Google Form yang dibagikan muncullah lebih kurang 35 nama alumnus yang bersedia menjadi pengurus. Dari 35 nama tersebut 20 lebih adalah angkatan 30 ke bawah sehingga dapat disimpulkan bahwa antusiasme alumni muda untuk terlibat dalam organisasi dan almamater nantinya cukup tinggi. Dalam sambutannya, Pak Ardian mengajak agar para alumni dari angkatan berapa pun untuk bersinergi dengan baik dan memberikan kontribusi yang nyata bagi almamater dengan sarana dan perkembangan teknologi yang semakin masif.

Pak Ardian juga menyampaikan bahwa IKAPIKA siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan perhimpunan-perhimpunan lain, secara khusus perhimpunan yang tergabung dalam Asosiasi Alumni Jesuit Indonesia. IKAPIKA juga siap menjadi kolaborator awam dengan lembaga Serikat Jesus Provinsi Indonesia sebagai rekan seperjalanan dalam mewujudkan tujuan-tujuan yang lebih mulia demi lebih besarnya kemuliaan Allah. 

Pengurus baru (berbaju putih) dan para alumnus yang hadir mewakili angkatannya.
Dokumentasi IKAPIKA MEDIA – Pelantikan Alumni Juni 2022

Acara Serah Terima Jabatan Ketua IKAPIKA dan Pelantikan Pengurus ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan alumni dari masing-masing angkatan yang disebut “Lurah Angkatan” dan para alumni lain yang turut mendukung berlangsungnya acara ini mulai dari angkatan 1 sampai dengan angkatan 46. Hadir pula para ketua dan pengurus Perhimpunan Alumni Kolese lain seperti diantaranya KEKL (Loyola), IKAMI (Mikael), Alumni de Britto, IASM  (Mertoyudan), PAKKJ (Kanisius), dan pengurus pusat AAJI – Asosiasi Alumni Jesuit Indonesia. Sdr. Glen Sebastian selaku wakil dari AAJI memberikan ucapan selamat, dukungan, dan kesediaan AAJI berkolaborasi bersama dengan IKAPIKA ke depannya.

Pater Bambang dalam sambutannya menyampaikan bahwa besar harapan bagi IKAPIKA untuk terus mendukung pelayanan atau misi Serikat Yesus ke depan khususnya menempatkan orang muda sebagai subjek dalam pelayanan. Hal ini seirama dengan Universal Apostolic Preferences (UAP) pokok ketiga – berjalan bersama orang muda. Pater Bambang juga memberikan apresiasi dan penghargaannya kepada kepengurusan IKAPIKA yang juga telah memberi kesempatan bagi banyak orang muda untuk terlibat dalam kepengurusan IKAPIKA ini. Harapannya, agar mereka nantinya dapat menjalin kerja sama dengan alumni kolese lain, almamater dan juga lembaga Serikat Jesus.

Kegiatan ini memberikan sebuah benih refleksi bahwa sudah saatnya orang orang muda dengan berbagai macam latar belakang dan kelebihannya diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan sebuah organisasi. Namun juga peran serta orang muda bukan berarti menutup kemungkinan bagi para senior untuk juga turut mendukung dengan caranya masing-masing, justru melalui peristiwa ini IKAPIKA mengundang siapapun yang berkehendak baik bagi organisasi dan almamater untuk senantiasa berkolaborasi mengembangkan dan memajukannya bersama sama. “IKAPIKA Rumah Kita Bersama” menjadi tagline yang dipilih oleh Pak Ardian untuk menumbuhkan semangat bagi alumnus dari angkatan 1 sampai dengan 46 dan angkatan 47 yang akan segera menjadi bagian dari IKAPIKA setelah kelulusan untuk terus berusaha merawat, mengembangkan, saling mendukung dan membangun persatuan yang baik demi keutuhan “Rumah” ini.

Bravo IKAPIKA

Kontributor : Johanes Chaesario Octavianus – Sekretaris IKAPIKA 2022-2025

More
articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.