Serikat Jesus Provinsi Indonesia

Mewartakan Spiritualitas Ignatian kepada Orangtua Murid

gnatian Formation for Parents (IFFP) IFFP adalah kegiatan pendalaman Spiritualitas Ignatian untuk orangtua siswa SMA Kolese De Britto. Tujuannya sederhana supaya orangtua memahami Spiritualitas Ignatian yang menjadi fondasi pendidikan di SMA De Britto sehingga orangtua dan sekolah memiliki visi yang sama dalam mendampingi siswa.
Rm Mulyadi memberikan Semangat Ignatian ke Orangtua

Ignatian Formation for Parents (IFFP) IFFP adalah kegiatan pendalaman Spiritualitas Ignatian untuk orangtua siswa SMA Kolese De Britto. Tujuannya sederhana supaya orangtua memahami Spiritualitas Ignatian yang menjadi fondasi pendidikan di SMA De Britto sehingga orangtua dan sekolah memiliki visi yang sama dalam mendampingi siswa.

IFFP dimulai pada 2013, saat itu dirintis oleh Rm. Yohanes Nugroho, SJ selaku pamong. Mereka menginisiasi kegiatan ini karena berdasarkan pengalaman di lapangan orangtua sering kali tidak memahami dasar dan alasan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan formatif bagi siswa SMA De Britto, dan akibatnya cukup banyak orang tua yang protes akan kegiatan-kegiatan yang bagi mereka dipandang ‘ekstrim”, secara khusus seperti program live-in sosial.
Sejak ada IFFP, tidak banyak lagi protes semacam ini karena mereka menjadi paham mengapa SMA De Britto membuat kegiatan-kegiatan formatif di masing-masing tingkat dengan berbagai alasan spiritualitas yang membelakanginya. Itu dampak pertama.
Dampak kedua, relasi antara orangtua dengan sekolah juga semakin baik. Bahkan pernah terjadi, orang tua dengan inisiatif sendiri bersolidaritas dengan mengumpulkan dana bagi siswa De Britto yang kemalingan hampir semua barangnya di tempat kos. Juga, ketika ada siswa yang sakit atau kecelakaan, orang tua juga tergerak untuk terlibat membantu, karena orangtua merasa, anak-anak ini juga merupakan bagian dari perwujudan asas dan dasar mereka. Mereka menjadi tidak hanya memprioritaskan anak mereka saja.
Ketiga, keterlibatan orangtua dalam kegiatan-kegiatan sekolah juga semakin baik, entah dalam proses berkegiatan maupun hadir sebagai undangan maupun peserta.

Orangtua berdiskusi tentang pengalaman Ignatian-nya dalam mendamping anak-anak


Awalnya, kegiatan ini hanya untuk kelas X saja. Hal tersebut berlangsung sampai setidaknya tahun 2018. Selama lima tahun tersebut, pertemuan IFFP diadakan 8 kali dalam setahun. Ada 7 materi yang diberikan, dan pada pertemuan terakhir ditutup dengan rangkuman seluruh materi dan bagaimana kontekstualisasinya diterapkan di dalam pendidikan Ignatian.
Kemudian, pada 2019, kegiatan ini dievaluasi, dan saat ini dikembangkan menjadi 5 kali pertemuan dalam setahun, dengan materi-materi yang dipandang lebih praktis dan dapat diterapkan oleh orangtua di rumah. Pertimbangan yang lain adalah materi-materi tersebut dipilih karena materi-materi itu juga diberikan kepada siswa di kelas X.
Sejak 2019, orangtua kelas XI pun juga diberi pendalaman spiritualitas Ignatian. Mereka hanya mendapatkan dua materi yaitu Discernment untuk pengambilan keputusan, dan Paradigma Pedagogi Ignatian. Discernment diberikan agar orangtua cakap dalam mendampingi putra-putra mereka dalam pengambilan keputusan (terutama terkait pilihan profesi dan jurusan di perguruan tinggi – karena saat kelas XI inilah siswa SMA De Britto diberikan pembekalan profesi dan informasi Perguruan Tinggi). Dengan adanya IFFP, orangtua diharapkan dapat menggunakan pola-pola komunikasi Ignatian yang sangat dialogis dengan anak-anak mereka.
Bagi kelas XII, pertemuan IFFP lebih untuk mendorong orangtua membagikan pengalaman-pengalaman mereka mendampingi anak-anak mereka dalam bentuk refleksi. Tulisan-tulisan mereka akan dikumpulkan menjadi sebuah buku. Harapannya, setiap orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di SMA De Britto mempunyai gambaran atau referensi bagaimana seharusnya mendampingi anak-anak De Britto yang telah dididik dengan semangat Ignatian.

Surya Awangga, SJ

Found something interesting? share to friends....

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *