Day 3: Kreativitas dalam Berbagi Iman

web 4

“Ini menunjukkan kekuatan iman.” Itulah salah satu refleksi Pater Arturo Sosa mengenai pandemi Covid-19. Krisis ini memang menyebabkan banyak orang tidak lagi bisa mengikuti peribadatan di gereja. Namun, di pelbagai penjuru dunia, keluarga-keluarga tetap setia mengikuti Perayaan Ekaristi yang disiarkan melalui media daring. Para Imam juga tetap setia mendoakan intensi yang disampaikan umat lewat media sosial. Dengan cara serupa, orang-orang muda berdoa dan menyanyikan kidung pujian bersama-sama.

Segala bentuk kreativitas dalam berbagi iman ini lahir dari kesadaran bahwa iman tidak bisa disimpan rapat-rapat dalam lubuk hati seseorang. Pater Arturo Sosa meyakini bahwa iman yang hidup akan mendorong kita untuk membagikannya kepada sesama. Inilah kekuatan iman. Berkat beragam kreativitas yang muncul, kekuatan ini dapat dibagikan kepada sesama. Obor pengharapan dan semangat kasih tetap bisa menyala-nyala di tengah kegelapan wabah ini.

Tanpa diduga, situasi ini menjadi kesempatan bagi kita untuk memaknai kembali iman sebagai relasi pribadi dengan Allah yang memberikan hidup-Nya kepada kita. Di rumah kita masing-masing, kita diundang untuk mengalami secara pribadi kerahiman Allah yang terus menopang kita. Perjumpaan pribadi dengan Allah inilah yang kita bagikan, dan dengan itu, kita menghidupi panggilan kita untuk “menjadi terang bagi bangsa-bangsa” (Yes 49:6).

Di tengah keterbatasan gerak saat ini, bagaimanakah kreativitas kita berbagi iman, sehingga iman bersama semakin hidup dan mewujudkan solidaritas?

  • #solidaritascovid19
  • #JesuitIndonesia
  • #SerikatYesus
  • #JesuitStories
  • #lawancorona
  • #IndonesiaLawanCovid19
  • #BersatuMelawanCovid19

Found something interesting? share to friends....

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *