capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Gedung Baru Harapan Baru untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan

Date

Senyum gembira terpancar dari wajah siswa-siswi TK Kanisius Cempaka 1 Wonogiri karena akhirnya gedung sekolah yang baru telah selesai dibangun dan diberkati. Pemberkatan gedung kelompok bermain dan TK Kanisius Cempaka 1 Wonogiri ini dilaksanakan pada Selasa, 10 Januari 2023. Pater Martinus Hadi Siswoyo, S.J. (Direktur Yayasan Kanisius Pusat) memimpin perayaan Ekaristi didampingi oleh Pater Joseph M.M.T. Situmorang, S.J. (Kepala Yayasan Kanisius Cabang Surakarta) dan Romo Yosafat Dhani Puspantoro, Pr (Kepala Paroki St Yohanes Rasul, Wonogiri). Selain pemberkatan gedung baru, perayaan ini juga menjadi ungkapan syukur atas kelahiran Sang Juru Selamat, Tahun Baru 2023, dan Pahargyan Purna Bakti 2022 Yayasan Kanisius Cabang Surakarta. Perayaan ini dihadiri pula oleh Pater J. Heru Hendarto, S.J., Pater Ignatius Aria Dewanto, S.J., Pater Clemens Budiarto, S.J. (Kepala Paroki St. Antonius Purbayan, Surakarta), Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA dan SMK Kanisius Cabang Surakarta, para suster dan wali murid. Perayaan ini juga disiarkan langsung (live streaming) dan diikuti oleh sekolah-sekolah yang berada di naungan Yayasan Kanisius Cabang Surakarta.

Ketika homili, ada dua orang guru yang memberikan sharing pengalamannya selama menjadi guru di Yayasan Kanisius. salah satunya adalah Ibu Maria Ananingrum, guru SD Kanisius Bayat, Klaten yang mulai bergabung di Kanisius sejak tahun 2014. Beliau bercerita bahwa bekerja di Kanisius merupakan kehendak Tuhan yang bisa memberikan harapan sehingga ia bisa memenuhi kebutuhannya. Lain halnya dengan Ibu Cicilia Ani Setyowati, guru SMP Kanisius Wonogiri, yang bergabung semenjak tiga puluh dua tahun yang lalu dan saat ini sudah purna tugas. Pada waktu itu, Ibu Ani bersama umat Paroki St Yohanes Rasul Wonogiri berjuang untuk mendirikan SMA Kanisius sehingga sekolah Kanisius di Wonogiri hadir lengkap dalam semua jenjang pendidikan. Pater Joseph, S.J. menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru, karyawan, dan staf Yayasan Kanisius yang telah purna bakti atas tugas pengabdian dan karya pelayanannya selama ini. Beliau juga berharap, di tahun yang baru ini, Yayasan Kanisius semakin meningkatkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat dan semakin dapat memuliakan Tuhan, terutama dengan selesainya renovasi gedung sekolah KB/TK Kanisius Cempaka 01, Wonogiri.

Pater Martinus Hadi Siswoyo, S.J. memberikan kenang-kenangan untuk guru, staff dan karyawan yang purna tugas.
Dokumentasi: YKC Surakarta

Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan pahargyan purna bhakti guru, karyawan, dan staf Yayasan Kanisius. Pater Martinus Hadi Siswoyo, S.J. bersama dengan Pater Joseph Situmorang, S.J. memberikan kenang-kenangan untuk para guru, karyawan, serta staff Yayasan Kanisius tersebut. Beliau juga berpesan agar setelah pensiun, mereka semua tetap menjaga kesehatan dan optimisme, bahwa pensiun bukan berarti tidak bekerja namun bisa melakukan banyak aktivitas baik di Gereja, masyarakat, maupun keluarga.

Pater Heru Hendarto, S.J., pengurus Yayasan Kanisius dalam sambutannya menyampaikan proficiat dan terima kasih kepada Pater Joseph, S.J., donatur, serta bapak ibu guru atas selesainya pembangunan gedung TK Kanisius Cempaka 01, Wonogiri. Pembangunan gedung ini menjadi salah satu sarana membangun karakter, kemampuan akademik, dan mengasah skill motorik anak-anak. Pater Heru juga bercerita bahwa ia juga dididik dari “rahim” sekolah Kanisius. Sekolah Kanisius sebagai pionir maka harus berkualitas. Yayasan Kanisius yang dulunya bersikap “ngaten kemawon cekap” (begini saja cukup) harus berani berubah menjadi sekolah yang berkualitas, bertransformasi untuk menanggapi tuntutan zaman, serta relevan bagi bapak ibu guru saat ini.

Kebahagiaan dalam rangkaian acara ini juga tidak bisa ditutupi oleh Ibu Fransiska Marlina Ambar, Kepala TK Kanisius Cempaka 01 Wonogiri. Selesainya pembangunan gedung menambah semangat baru para guru dalam kegiatan pembelajaran. Saat ini jumlah siswa KB dan TK adalah 73 anak, terdiri atas 18 anak KB dan 55 anak TK. Saat ini ada satu kelas KB, dua kelas TK Kecil, dan dua kelas TK Besar. Pembangunan gedung baru ini ternyata meningkatkan animo orang tua dalam mendaftarkan putra-putri mereka di TK Kanisius Cempaka 01. Guru-guru Kanisius sudah menyiapkan berbagai pembelajaran kreatif untuk para peserta didiknya, baik untuk pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Tidak hanya itu, Romo Dhani, Pr., Pastor Paroki St Yohanes Rasul, memberikan dukungan dengan memberikan izin untuk bertugas koor guna pencarian dana renovasi sekolah. Ibu Marlina Ambar berharap dengan gedung yang baru, sekolah dapat memberikan pelayanan pendidikan yang semakin baik.

Kontributor: FX Juli Pramana – SMK Kanisius Surakarta

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top