Dirgahayu RI: “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”

Date

Keluarga Besar Kolese Kanisius Jakarta menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-77, Rabu, 17 Agustus 2022 dengan penuh semarak di tengah kekhawatiran akan kasus covid-19 yang mulai meningkat lagi. Walaupun kegiatan tidak dirasakan oleh semua siswa secara langsung, namun tradisi perayaan Dirgahayu RI dengan upacara bendera dan pesta rakyat setidaknya tetap diusahakan. 

Kegiatan perayaan HUT RI di Kolese Kanisius dilakukan di dua lokasi berbeda, yaitu di Kampus Utama: Kolese Kanisius di Menteng dan di Kampus Dua: Pusat Pengembangan Edukasi di Karanggan Gunung Putri. Kampus dua ini sering digunakan para siswa Kolese Kanisius untuk kegiatan-kegiatan leadership dan pengembangan diri. Hanya perwakilan siswa saja yang bisa menghadiri kegiatan-kegiatan ini secara luring, sedangkan siswa lainnya tetap berada di rumah dan mengikutinya secara daring. Diskresi ini diambil untuk tetap memperjuangkan protokol kesehatan dan kenyamanan bersama.

Di Kampus Utama Menteng Raya, Peringatan Kemerdekaan RI dilangsungkan dengan sangat sederhana, yaitu upacara bendera dan makan bersama. Sebagai inspektur upacara, Pater Leonardus Evert Bambang Winandoko, S.J. – Ketua Yayasan Budi Siswa, menyampaikan bahwa secara umum seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya para Kanisian harus bersyukur dengan situasi bangsa dan negara saat ini yang masih memungkinkan kita bergerak bebas dan melakukan aktivitas harian kita dengan baik tanpa gangguan-gangguan yang mengancam. 

Pater Ratu Dopo, S.J. bersama anak-anak setelah upacara 17an di Karanggan Gunung Putri. Dokumentasi: HUMAS Kolese Kanisius

Situasi ini sangat berbeda dengan teman-teman Kolese kita yang berada di negara lain, dimana mereka sedang mengalami teror, penggeledahan, dan beragam intimidasi. Kondisi demikian membuat mereka tidak bebas melakukan aktivitas sekolah  dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia wajib bersyukur karena berada dalam kondisi yang lebih baik. Dengan rasa syukur kita didorong untuk memanfaatkan kondisi ini dengan baik dan secara optimal mengembangkan diri dengan semangat Magis, memperdalam ilmu pengetahuan dan pemahaman yang memampukan kita berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara menjadi lebih baik. Sedikit berbeda dengan kampus Kolese Kanisius di Menteng, perayaan HUT RI di kampus Karanggan Gunung Putri disemarakkan dengan aneka macam lomba dan kemeriahan lainnya, seperti lomba menangkap ikan, panjat pinang, sepak bola, band, dan lain-lainnya.

Pusat Pengembangan Edukasi yang memiliki lahan seluas kurang lebih 20 h.a menjadi aset yang memungkinkan sekolah dalam mengembangkan pendidikan holistik secara lebih optimal. Kampus Menteng akan menjadi pusat keunggulan akademis sedangkan kampus Karanggan lebih mengembangkan sisi karakter dan kepemimpinan. Lokasi Pusat Pengembangan Edukasi yang luas dan leluasa memungkinkan sekolah mengadakan kegiatan Dirgahayu RI secara luring walaupun dengan kuota siswa yang dibatasi.

Melalui perayaan HUT kemerdekaan RI ini, para siswa diharapkan merasakan pengalaman otentik terkait nilai-nilai yang dikembangkan sekolah, yaitu: nasionalisme, patriotisme, perseverance, magis, dan brotherhood. Semoga pengalaman mendorong siswa untuk semakin semangat dalam belajar dan berlatih. AMDG.

Kontributor: Paulus Edy Sucipto – Humas Kolese Kanisius

More
articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.