Biarkanlah Anak-anak Datang Kepada-Ku

Date

Peringatan HUT ke-104 Yayasan Kanisius

Bendera tunas kelapa berkibar di sepanjang jalan menuju Tempat Doa dan Semadi Bukit Kendalisada. Anak-anak berpakaian pramuka terlihat turun dari angkot dan memasuki area TK Kanisius Harjosari. Di halaman TK, sudah tersedia panggung, sederetan piala, dan tiga buah tiang bendera lengkap dengan bendera merah putih, bendera tunas kelapa, dan bendera pandu dunia.

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022, Yayasan Kanisius cabang Semarang Rayon Selatan yang meliputi Ungaran, Girisonta, Bedono, Ambarawa, dan Salatiga mengadakan Jambore Pramuka Kanisius Rayon Selatan dalam rangka memperingati HUT ke-104 Yayasan Kanisius. Acara Jambore ini sudah dipersiapkan mulai bulan Agustus 2022 diprakarsai oleh para Pembina di 13 sekolah yang ada di Rayon Selatan.

Jambore Pramuka Rayon Selatan mengambil tema “Biarkanlah Anak-anak Datang Kepada-Ku” sebagai pengerucutan dari tema tahunan Yayasan Kanisius Cabang Semarang yaitu Amare et Servire (mencintai dan melayani) dengan salah satu harapan kegiatan jambore ini akan mengundang banyak peserta didik baru di tahun ajaran mendatang.

Para peserta mulai berdatangan menggunakan angkutan prona atau pick-up. Mereka disapa oleh pembawa acara, melakukan daftar ulang, dan menerima pin yang nantinya akan dipakai selama Jambore. Kemudian para peserta mulai menata barisan di depan dan samping panggung untuk persiapan upacara pembukaan Jambore.

Para peserta saling bekerjasama dalam pos permainan air.
Dokumentasi: YKC Semarang

Upacara pembukaan Jambore Pramuka Rayon Selatan dimulai tepat pukul 08.00 WIB dengan petugas upacara dari SMP Kanisius Girisonta dan Kak Petrus (Pengawas SD Yayasan Kanisius Cabang Semarang) selaku pembina upacara. Beliau menyampaikan bahwa dengan kegiatan Jambore ini anak-anak dapat mengenal anak Kanisius dari sekolah lain di Rayon Selatan, melatih ketrampilan pramuka dasar, dan sportivitas.

Acara selanjutnya adalah penyematan pin tanda peserta Jambore dan pemotongan pita oleh Pater Agustinus Mintara, S.J. (Kepala Yayasan Kanisius Cabang Semarang). Setelah beliau menyematkan pin kepada perwakilan peserta dan memotong pita yang disambungkan dengan balon, Pater Mintara, S.J. menyapa para peserta dari masing-masing sekolah dan mengajak anak-anak untuk tetap gembira dan bangga menjadi anak Kanisius. Tak lupa, Pater Mintara, S.J. juga mengajak semua orang yang hadir untuk melakukan tepuk Kanisius sehingga bertambah semangat.

Pada Jambore Pramuka Kanisius Rayon Selatan ini diikuti oleh 15 regu penggalang putra dan 14 regu penggalang putri. Ada sepuluh pos dalam jambore ini yaitu pos Morse, Pentas Seni, PBB, tali-temali (membuat dragbar), Bumbung Sosial, Permainan Air, Dasa Darma, Pengetahuan Umum, Doa Anak Kanisius, Kebersihan Lingkungan (memungut sampah). Setiap pos dijaga dan dinilai oleh kakak-kakak dari SMA Kanisius Ambarawa, SMK Kanisius Ungaran, dan SMK SPP Kanisius Ambarawa. Hal ini dilakukan untuk melatih kepemimpinan, kerjasama, dan ketelitian dari kakak-kakak yang ada di tingkat SMA dan SMK.

Setelah upacara pembukaan, para peserta mulai bersiap untuk pos morse. Para peserta mendengarkan morse yang diberikan oleh kakak penjaga pos, kemudian setelah berhasil memecahkan sandinya para peserta melanjutkan ke pos yang lain. Pos Pentas Seni adalah pos dimana para peserta menunjukkan kepiawaian menari tari kreasi dengan iringan musik lagu Wonderland Indonesia (Novia Bachmid).

Di Pos PBB, para peserta dinilai kekompakan dan kemantapan dalam melaksanakan baris berbaris, juga ketegasan pemimpin regu dalam memberi aba-aba. Di Pos Tali-temali, para peserta diminta untuk membuat dragbar yang akan dinilai kekuatan simpulnya dengan cara dihentak-hentakkan ke tanah.

Di Pos Bumbung Sosial, para peserta diminta untuk memasukkan uang sebesar dua ribu rupiah untuk kegiatan sosial. Di Pos Permainan Air, para peserta diminta untuk memindahkan air dari ember ke dalam botol air mineral yang sudah dilubangi bagian atasnya dengan menggunakan potongan paralon. Dalam permainan ini, para peserta terlihat sangat gembira karena bisa bermain air sepuasnya.

Setelah menyelesaikan outbond, para peserta beristirahat bersama.
Dokumentasi: YKC Semarang

Di Pos Dasa Dharma, para peserta diminta untuk mengucapkan Dasa Darma secara bergantian dengan benar. Di Pos Pengetahuan Umum, para peserta diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan tokoh nasional, dan pengetahuan umum lainnya. Di Pos Doa Anak Kanisius, para peserta diminta untuk mendoakan Doa Anak Kanisius bersama-sama. Di Pos Kebersihan Lingkungan, para peserta diminta untuk memunguti sampah-sampah yang ada di lingkungan sekitar kemudian dimasukkan ke dalam plastik kresek warna hitam besar yang sudah disiapkan oleh kakak penjaga pos.

Sekitar pukul 13.00 WIB, para peserta sudah kembali lagi ke titik awal pemberangkatan dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Sambil menunggu pengumuman regu tergiat baik putra maupun putri, para peserta dipandu oleh Kak Danang selaku pembawa acara, mendengarkan beberapa lagu seperti “Prau Layar dan Jaranan” yang dinyanyikan oleh beberapa peserta secara spontan. Tak lupa, ada acara joget bersama dengan diiringi lagu Aja dibandingke dan Kok Isa ya? yang dinyanyikan oleh peserta.

Kurang lebih pukul 14.00 WIB, pengumuman regu tergiat pun dilaksanakan. Terlihat wajah-wajah tegang dari para peserta menantikan pengumuman. Akhirnya, Kak Danang membacakan hasil dari regu tergiat putra:

  • Regu Tergiat 1 Regu Harimau (SD Kanisius Girisonta)
  • Regu Tergiat 2 Regu Singa (SD Kanisius Girisonta)
  • Regu Tergiat 3 Regu Rajawali (SD Kanisius Bedono)
  • Regu Tergiat Harapan 1 Regu Rajawali (SD Kanisius Harjosari)
  • Regu Tergiat Harapan 2 Regu Singa (SD Kanisius Harjosari)
  • Regu Tergiat Harapan 3 Regu Harimau (SD Kanisius Kaliwinong)

Sedangkan untuk regu tergiat putri:

  • Regu Tergiat 1 Regu Melati (SD Kanisius Girisonta)
  • Regu Tergiat 2 Regu Anggrek (SD Kanisius Girisonta)
  • Regu Tergiat 3 Regu Anggrek (SD Kanisius Harjosari)
  • Regu Tergiat Harapan 1 Regu Sakura (SD Kanisius Harjosari)
  • Regu Tergiat Harapan 2 Regu Teratai (SD Kanisius Bedono)
  • Regu Tergiat Harapan 3 Regu Melati (SD Kanisius Gendongan)

Regu-regu yang disebutkan oleh Kak Danang serentak bersorak dan melompat kegirangan, juga menyerukan yel-yel regu masing-masing. Para ketua regu naik ke panggung, menerima piala, dan foto bersama. Setelah itu, Kak Danang menyampaikan ucapan sayonara dan sampai jumpa lagi di acara Jambore selanjutnya.

Puji Tuhan, Jambore Pramuka Kanisius Rayon Selatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Cuaca juga baik. Tidak turun hujan, walaupun mendung menggantung seharian. Terima kasih kami ucapkan kepada Pater Kepala Cabang Agustinus Mintara, S.J.., Kak Petrus (Pengawas Tingkat SD Yayasan Kanisius Cabang Semarang), Kak Mabigus tiga belas sekolah di rayon Selatan, Pembina Pramuka tiga belas sekolah, Bapak dan Ibu guru yang mendampingi putra-putrinya selama ber-Jambore, Bapak-bapak penjaga yang juga turut serta menjaga ketertiban dan keamanan selama jambore berlangsung, dan Bapak/Ibu serta semua pihak yang mendukung kegiatan ini dalam bentuk dana, tempat, doa, tenaga, dan semua hal yang panitia butuhkan dalam kegiatan Jambore Pramuka Rayon Selatan tahun 2022.

Tetap sehat! Tetap semangat! Kanisius horeee!!!!

Kontributor: F. Maya Ekasari Wulandari – SMA Kanisius Ambarawa

More
articles

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *