capture imaginations, awaken desires, unite the Jesuits and Collaborators in Christ mission

Berjalan Bersama Sahabat Seperutusan

Date

QUINDIN 2023

Pada tanggal 27 Juli – 2 Agustus 2023 para Frater dan Bruder Serikat Jesus Provinsi Indonesia mengikuti rangkaian acara Quindin 2023. Quindin adalah kesempatan rekreasi bersama yang bertujuan untuk membangun komunitas persaudaraan antarskolastik sembari membahas isu yang sedang berkembang. Quindin 2023 dengan tema “Berjalan Bersama Sahabat Seperutusan” ini diikuti oleh 53 peserta. Ada 22 Filosofan, 15 TOKER, 13 Teologan, dan 3 orang Romo).

Artificial Intellegence:Berjalan Bersama Dunia yang Berkembang

Quindin 2023 diawali dengan kegiatan studi bersama mengenai Artificial Intellegence (AI). AI berkembang pesat dan telah masuk ke semua lini kehidupan mulai dari bidang kesehatan, teknologi, ilmu pengetahuan, eksplorasi, transportasi, industri, bahkan dalam bidang peribadatan. Dalam proses study ini, para peserta Quindin didampingi oleh beberapa akademisi dan praktisi AI profesional. Dr. Ir. Lukas, MAI, CISA, IPM yang merupakan ketua dari IAIS (Indonesia AI Society) menjadi pembicara pertama. Selanjutnya, Pater Hari Suparwito, S.J. menjelaskan etika penggunaan teknologi, khususnya AI. Praktisi AI seperti Yulianus Ladung, Arbain Rambey, dan Yohanes Paganda Halasan Harahap turut berbagi pengalaman penerapan AI dalam bidang seni, fotografi, dan media informasi.

Dalam proses study ini, ada antusiasme yang cukup dominan. Para skolastik terlibat aktif dengan menanggapi, melontarkan pertanyaan, dan mempraktikkan materi serta mencoba teknologi VR (Virtual Reality). Seorang skolastik berkomentar bahwa perkembangan dunia digital harus diikuti oleh Serikat Jesus agar relevan dalam menyelamatkan jiwa-jiwa di era teknologi global zaman ini. AI bisa menjadi ancaman dan peluang untuk sebuah dunia yang lebih baik.

Kami pergi ke Bali, sambil Melihat Ke-mbali

Rangkaian kedua acara Quindin 2023 adalah rekreasi ke Pulau Dewata, Bali. Dalam perjumpaan antarangkatan skolastik, terlihat jelas keakraban dan keinginan untuk saling mengenal satu sama lain, serta menimba semangat dengan saling membagikan cerita. Selain mengenal keragaman budaya dan karya serikat di Indonesia, Quindin kali ini juga diwarnai dengan aktualia teman-teman ekspatriat dari Myanmar, Thailand, dan Pakistan.

Melalui perjumpaan antar skolastik lintas angkatan, lintas negara, serta lintas tugas perutusan ini, kami semakin mengenal satu sama lain. Semoga ini menjadi awal dari persahabatan dan perjalanan bersama sahabat seserikat. Semoga melalui Quindin yang telah diselenggarakan ini, tugas perutusan Allah semakin mampu dilaksanakan dalam semangat Kasih Persaudaraan.

Kontributor: SS. Petrus Guntur Supradana, S.J. dan Feliks Erasmus Arga, S.J.

More
articles

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top